Tegucigalpa, Setelah Mondar-mandir Jadi Ibukota Honduras Kini Jadi Yang Terbesar Dan Terpadat

Ilustrasi Kota Tegucigalpa/Net

Sebuah kota modern yang masih memiliki banyak hutan, berulang tahun pada hari ini. Di masa lalu, kota yang berada di negara Honduras ini adalah sebuah wilayah pertambangan yang kemudian dijadikan pemukiman oleh orang-orang Spanyol.

Orang-orang Spanyol mengklaim wilayah ini pada 29 September 1578, dan walikota pertama Tegucigalpa adalah Juan de la Cueva yang menjabat pada tahun 1579.

Hampir 200 tahun kemudian, pada 10 Juni 1762, kota pertambangan ini diberi nama sebagai Real Villa de San Miguel de Tegucigalpa Heredia di bawah pemerintahan Alonso Fernández de Heredia, yang saat itu menjabat sebagai gubernur Honduras.

Kawasan yang telah diklaim Spanyol itu kemudian berkembang dan menjadi sebuah kota yang ramai. Gereja Dolores (1735), Katedral San Miguel (1765), Casa de la Moneda (1780), dan Tak Bernoda Conception Church (1788) adalah beberapa bangunan penting pertama yang dibangun di wilayah itu, seperti dikutip dari Wikipedia.

Pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 terjadi gangguan dalam pemerintahan lokal Tegucigalpa. Tegucigalpa pun berubah menjadi bagian dari Kota Comayagua pada tahun 1791. 

Walikota Narciso Mallol memulai pembangunan jembatan pertama yang menghubungkan kedua sisi Sungai Choluteca, satu sisi Tegucigalpa dan satunya sisi Comayaquela, pada 1817. Empat tahun kemudian, jembatan itu rampung dan menjadi penghubung Tegucigalpa dengan kota tetangganya Comayagüela.

Tegucigalpa secara resmi menjadi sebuah kota pada 1821. Saat kongres pertama tahun 1824, Republik Honduras mendeklarasikan Tegucigalpa dan Comayagua menjadi dua kota terpenting di negara itu, yaitu sebagai ibu kota negara secara bergantian.

Ketika Honduras merdeka sebagai republik tunggal pada Oktober 1838, ibu kota terus berpindah-pindah antara Tegucigalpa dan Comayagua. Hal itu terus berlangsung sampai 30 Oktober 1880.

Tegucigalpa kemudian disahkan menjadi ibu kota negara permanen di bawah pemerintahan Presiden Marco Aurelio Soto.

Banyak beredar isu bahwa penetapan itu terjadi karena masyarakat Comayagua tidak menyukai istri Presiden Soto. Sehingga Soto membalas dendam dengan memindahkan ibu kota ke Tegucigalpa.

Namun, beberapa bantahan menyebutkan, penetapan itu dilakukan karena Presiden Soto adalah mitra penting dari Rosario Mining Company, sebuah perusahaan pertambangan perak Amerika yang operasionalnya berbasis di San Juancito, dekat Tegucigalpa. Sehingga dia harus dekat untuk kepentingan pribadinya itu.

Tegucigalpa yang terletak di wilayah dataran tinggi selatan-tengah dan dikelilingi oleh pegunungan, terus berkembang. Antara tahun 1930-an dan 1960-an, Tegucigalpa mencapai populasi lebih dari 250.000 orang.

Walaupun kini telah menjadi kota yang ramai, hutan-hutan terbuka masih cukup banyak di sini berisi pohon-pohon pinus yang diselingi dengan pohon ek, semak belukar, cemara, dan pohon gugur berdaun lebar. 

Tegucigalpa sekarang telah menjadi kota terbesar dan terpadat di Honduras serta pusat politik dan administrasi negara. Tegucigalpa menampung 25 kedutaan asing dan 16 konsulat. Pangkalan dari beberapa entitas milik negara seperti ENEE dan Hondutel, masing-masing perusahaan energi dan telekomunikasi nasional, ada di sini.

Kota ini mengalami pertumbuhan pesat dalam 40 tahun terakhir, dan baru belakangan ini pemerintah mengeluarkan undang-undang tertentu untuk menetapkan peraturan tata kota dan zonasi.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

DIALOG JALAN SUTERA - Buka Bukaan Hubungan Indonesia China

Selasa, 13 Oktober 2020
Video

RMOL WORLD VIEW - 40 Tahun Yang Hangat, Bela Sawit Saling Menguat

Selasa, 13 Oktober 2020
Video

BINCANG SEHAT - Siap Hadapi Musim Hujan Di Tengah Pandemi Covid

Rabu, 14 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Usman Dan Harun, Dua Prajurit Indonesia Yang Digantung Di Singapura Karena Tuduhan Teroris
Histoire

Usman Dan Harun, Dua Prajuri..

19 Oktober 2020 10:00
Pertempuran Leipzig, Berakhirnya Kekuatan Prancis Dan Kekalahan Napolen Atas Wilayah Eropa
Histoire

Pertempuran Leipzig, Berakhi..

19 Oktober 2020 05:40
Mengapa  Theodore Roosevelt Memberi Nama Gedung Putih?
Histoire

Mengapa Theodore Roosevelt ..

12 Oktober 2020 07:47
Rumitnya Perang Balkan: Kekalahan Ottoman Malah Memicu Perseteruan Antar Para Penyerangnya
Histoire

Rumitnya Perang Balkan: Keka..

08 Oktober 2020 05:58
Radio Tak Bersegel Pencetus Kemerdekaan
Histoire

Radio Tak Bersegel Pencetus ..

30 September 2020 21:35
Hari-hari Terakhir PD II di Pasifik
Histoire

Hari-hari Terakhir PD II di ..

30 September 2020 21:14
Hari-hari Terakhir PD II di Pasifik
Histoire

Hari-hari Terakhir PD II di ..

30 September 2020 20:35
Tegucigalpa, Setelah Mondar-mandir Jadi Ibukota Honduras Kini Jadi Yang Terbesar Dan Terpadat
Histoire

Tegucigalpa, Setelah Mondar-..

29 September 2020 05:59