Angkamologi Empat

Angka 4/Net

ANGKA 4 memang berada pada posisi ke empat pada urutan angka, namun pada posisi pertama pada deret angka bukan prima. Angka 4 menduduki posisi ke dua setelah angka 2 pada urutan angka genap. 4=2+2 juga 4=2x2 serta juga 4=2 pangkat 2.

Angka empat memang menarik disimak dari berbagai sisi dan sudut. Dalam geometri bentuk segi empat lebih beraneka ragam ketimbang segi tiga. Misalnya bujur sangkar, persegi panjang, trapezium, trapezium siku, layang-layang, jajar genjang, sembarang, sembiring (yang terakhir ini bikinan saya sendiri demi menambah kesan bahwa memang banyak jenis segi empat).

Menarik adalah di dalam ilmu ukur ruang apabila empat puncak empat segi tiga sama kaki dipertemukan pada satu titik maka kaki dasar ke empat segi tiga sama kaki itu membentuk sebuah bidang berbentuk segi empat sama kaki.

Maaf jika saya keliru sebab saya bukan ilmuwan ilmu ukur ruang yang dijamin tidak bisa keliru.

Sebagai pendiri Pusat Studi Kelirumologi dengan sendirinya saya boleh keliru. Jika saya tidak keliru, lafal kata “empat” di dalam bahasa Chinese, Cantonese dan Japanese sama dengan “mati”.

Maka pada bangunan pencakar langit yang dibangun dan/atau dibiayai oleh seorang Quatrophobic yang percaya feng shui lazimnya tidak punya lantai IV.

Pada tombol lift juga lazimnya dari III langsung V tanpa IV demi tidak melanggar larangan feng shui.

Dalam bahasa Inggris, four is the only number that contains the same number of letters as its name. Dalam bahasa Indonesia, setahu saya tidak ada angka yang memiliki jumlah huruf sama dengan namanya.

Angka 4 memiliki lima huruf berarti 4+1 sementara 5 memiliki empat huruf berarti 5-1 sebaliknya 3 punya empat huruf = 3+1 yang sama dengan 2 dengan tiga huruf = 2+1. Sementara 1 memiliki 5 huruf berarti 1+4=5.

Saya keliru? Angka 1 cuma terdiri dari 4 huruf? Terima kasih! Anda benar! Berarti anda membaca naskah ini secara bukan asal baca namun benar-benar cermat, seksama dan teliti.

4 musim = dingin, semi, panas, gugur. 4 mata angin = utara, selatan, barat, timur. 4 kelompok alat musik orkestra Barat= tiup logam, tiup kayu, perkusi, dawai. 4 Punakawan = Semar, Gareng, Petruk, Bagong. 4 Rahwana bersaudara = Rahwana, Kumbakarna, Sarpakanaka, Wibisana.

Dalam novel 1984, George Orwell berkisah bahwa Winston Smith sebagai Menteri Kebenaran bersabda “Freedom is freedom to say that two plus two make four. If that is granted, all else follows”.

Phytagoras membagi matematika menjadi empat yaitu aritmatika, musik, geometri, astronomi. Matematikawan merangkap botaniwan asal Afrika Selatan, Francis Guthrie yakin bahwa segenap negara di peta planet bumi dapat diberi indentitas masing-masing cukup dengan empat warna tanpa saling berbenturan warna yang sama satu dengan lain-lainnya.

Matematikawan Indonesia Vice President Institute for Combinatoric and its Appliances DR. Kiki Arianti Sugeng menyadarkan saya bahwa ada 4 operasi perhitungan dasar, bidang datar terbagi dari 4 kuadran, bilangan komposit terkecil adalah 4.

Dalam pemikiran relativitas, khusus momentum empat adalah generalisasi dari momentum tiga-dimensi klasik untuk  ruang waktu empat dimensi.

Anjing, babi, pelanduk, sapi, harimau, singa, kelelawar berkaki empat. Laba-laba berkaki 4X2=8 sama halnya dengan oktopus.

Pertemuan terbatas hanya antara dua insan manusia disebut sebagai pertemuan empat mata. Istilah pembicaraan empat mata kurang tepat sebab yang digunakan untuk bicara bukan mata tapi mulut.

Sila terpanjang pada Pancasila berada pada posisi ke empat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Menurut Alkitab, menjelang akhir zaman akan datang empat penunggang kuda kiamat.

Hanya Ki Nartosabdho yang revolusioner menggubah komposisi musik gamelan Jawa dengan birama ¾ karena lazimnya niscaya 4/4.

Naskah Angkamologi Empat ini saya akhiri dengan teks lagu gembira:

Potong bebek angsa, masak di kuali. Nona minta dansa, dansa empat kali.

Mohon jangan tanya saya tentang kenapa sang nona minta dansanya harus empat kali.

Penulis adalah pembelajar misteri angkamologi

Kolom Komentar


Video

DIALOG JALAN SUTERA - Buka Bukaan Hubungan Indonesia China

Selasa, 13 Oktober 2020
Video

RMOL WORLD VIEW - 40 Tahun Yang Hangat, Bela Sawit Saling Menguat

Selasa, 13 Oktober 2020
Video

BINCANG SEHAT - Siap Hadapi Musim Hujan Di Tengah Pandemi Covid

Rabu, 14 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Jangan Lecehkan Pinokio!
Jaya Suprana

Jangan Lecehkan Pinokio!

20 Oktober 2020 07:26
Angkamologi Tujuh
Jaya Suprana

Angkamologi Tujuh

18 Oktober 2020 16:41
Jangan Permalukan Sesama Manusia
Jaya Suprana

Jangan Permalukan Sesama Man..

17 Oktober 2020 08:59
Kelirumologi Andaikatamologi
Jaya Suprana

Kelirumologi Andaikatamologi

16 Oktober 2020 08:36
Pasang Surut Peradaban
Jaya Suprana

Pasang Surut Peradaban

15 Oktober 2020 07:20
Tekatekimologi Deret Angka
Jaya Suprana

Tekatekimologi Deret Angka

14 Oktober 2020 14:46
Kelirumologi Pencemaran Nama Baik
Jaya Suprana

Kelirumologi Pencemaran Nama..

13 Oktober 2020 08:35
Angkamologi Enam
Jaya Suprana

Angkamologi Enam

12 Oktober 2020 07:25