Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tetap Berjaya Di Masa Pageblug

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Sabtu, 02 Mei 2020, 07:32 WIB
Tetap Berjaya Di Masa Pageblug
Jaya Suprana/Net
MEMBANGGAKAN serta mengharukan, bagaimana putra-putri terbaik nusantara di masa prihatin akibat pageblug corona ternyata masih tetap menggelorakan semangat berkarya yang terbaik dalam bidang kemampuan masing-masing kepada nusa dan bangsa.

Semarang

Penerima anugrah MURI sebagai kartunis yang paling banyak menerima penghargaan internasional, Jitet Kustana tidak terhambat kewajiban mengkarantina diri di dalam rumah akibat corona untuk tetap berkarya seni-kartun secara superlatif kelas dunia.

Sejak tahun 1989, Jitet telah berhasil menghimpun tidak kurang dari 218 penghargaan internasional.

Setelah kembali ke Semarang pada tahun 2016, Jitet mendirikan organisasi Gold Pencil dengan misi dan visi mengembangkan bakat-bakat kartunis muda agar mampu berkarya profesional demi tampil sebagai juara berbagai sayembara kartun tingkat nasional mau pun internasional.

Di masa pageblug, Jitet melakukan kegiatan pembinaan kartunis-kartunis muda secara daring. Menakjubkan adalah fakta bahwa Jitet Kustana menciptakan segenap prestasi superlatifnya di bidang seni-kartun kesemuanya dilakukan secara WFH (Work From Home).

Bangkok

Sementara penerima anugrah MURI sebagai pejabat protokol yang telah bertugas melayani enam Presiden Indonesia selama 17 tahun pengabdiannya dan kini menjadi Dutabesar Republik Indonesia untuk kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi telah melibatkan KBRI ke dalam penelitian terhadap Cerita Panji di Thailand.

Ternyata mahakarya seni-sastra nusantara ini cukup dikenal masyarakat Siam sehingga merupakan suatu mata-rantai pada jalinan hubungan persahabatan kebudayaan antara Republik Indonesia dengan Kerajaan Thailand sejak jaman Majapahit sampai masa kini.

KBRI Bangkok juga aktif menyelenggarakan pergelaran kesenian Indonesia serta pameran produk-produk Indonesia di Thailand.

Pada masa pageblug corona yang juga melanda Thailand, KBRI Bangkok berhasil memulangkan ratusan WNI dan TKI yang terjebak kebijakan lockdown di Thailand untuk kembali ke rumah masing-masing di Indonesia tercinta.

Bandar Seri Begawan

Dutabesar Republik Indonesia untuk kesultanan Brunei Darussalam, Sudjatmiko yang senantiasa aktif menyebarluaskan informasi kepada WNI maupun masyarakat setempat telah secara khusus memperoleh penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Kerajaan Brunei Darussalam sebagai Dubes yang paling aktif memprakarsai penyebarluasan informasi terkini terkait prahara virus corona melalui berbagai media.

KBRI di Bandar Seri Begawan di bawah pimpinan Dubes Sudjatmiko bahkan dianggap sebagai suri teladan bagi seluruh aparat kerajaan Brunei Darussalam dalam menyebarluaskan informasi bagi masyarakat sebagai upaya melawan pageblug corona.

KBRI Brunei berhasil memulangkan ratusan WNI yang terjebak kebijakan lockdown di Brunei untuk kembali ke tanah air udara tercinta.

KBRI Brunei telah meluncurkan edisi perdana majalah BrunIndo News yang secara rutin memuat berita selengkapnya mengenai kegiatan KBRI di Brunei Darussalam.

KBRI di Bandar Seri Begawan dinominasikan untuk menerima anugrah penghargaan MURI atas prestasi superlatif sebagai satu-satunya kedutaan besar yang memperoleh penghargaan Kerajaan Brunei Darussalam atas penyebarluasan informasi Covid-19. Merdeka! rmol news logo article

Penulis adalah pendiri MURI dan Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA