Tetap Berjaya Di Masa Pageblug

Jaya Suprana/Net

MEMBANGGAKAN serta mengharukan, bagaimana putra-putri terbaik nusantara di masa prihatin akibat pageblug corona ternyata masih tetap menggelorakan semangat berkarya yang terbaik dalam bidang kemampuan masing-masing kepada nusa dan bangsa.

Semarang

Penerima anugrah MURI sebagai kartunis yang paling banyak menerima penghargaan internasional, Jitet Kustana tidak terhambat kewajiban mengkarantina diri di dalam rumah akibat corona untuk tetap berkarya seni-kartun secara superlatif kelas dunia.

Sejak tahun 1989, Jitet telah berhasil menghimpun tidak kurang dari 218 penghargaan internasional.

Setelah kembali ke Semarang pada tahun 2016, Jitet mendirikan organisasi Gold Pencil dengan misi dan visi mengembangkan bakat-bakat kartunis muda agar mampu berkarya profesional demi tampil sebagai juara berbagai sayembara kartun tingkat nasional mau pun internasional.

Di masa pageblug, Jitet melakukan kegiatan pembinaan kartunis-kartunis muda secara daring. Menakjubkan adalah fakta bahwa Jitet Kustana menciptakan segenap prestasi superlatifnya di bidang seni-kartun kesemuanya dilakukan secara WFH (Work From Home).

Bangkok

Sementara penerima anugrah MURI sebagai pejabat protokol yang telah bertugas melayani enam Presiden Indonesia selama 17 tahun pengabdiannya dan kini menjadi Dutabesar Republik Indonesia untuk kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi telah melibatkan KBRI ke dalam penelitian terhadap Cerita Panji di Thailand.

Ternyata mahakarya seni-sastra nusantara ini cukup dikenal masyarakat Siam sehingga merupakan suatu mata-rantai pada jalinan hubungan persahabatan kebudayaan antara Republik Indonesia dengan Kerajaan Thailand sejak jaman Majapahit sampai masa kini.

KBRI Bangkok juga aktif menyelenggarakan pergelaran kesenian Indonesia serta pameran produk-produk Indonesia di Thailand.

Pada masa pageblug corona yang juga melanda Thailand, KBRI Bangkok berhasil memulangkan ratusan WNI dan TKI yang terjebak kebijakan lockdown di Thailand untuk kembali ke rumah masing-masing di Indonesia tercinta.

Bandar Seri Begawan

Dutabesar Republik Indonesia untuk kesultanan Brunei Darussalam, Sudjatmiko yang senantiasa aktif menyebarluaskan informasi kepada WNI maupun masyarakat setempat telah secara khusus memperoleh penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Kerajaan Brunei Darussalam sebagai Dubes yang paling aktif memprakarsai penyebarluasan informasi terkini terkait prahara virus corona melalui berbagai media.

KBRI di Bandar Seri Begawan di bawah pimpinan Dubes Sudjatmiko bahkan dianggap sebagai suri teladan bagi seluruh aparat kerajaan Brunei Darussalam dalam menyebarluaskan informasi bagi masyarakat sebagai upaya melawan pageblug corona.

KBRI Brunei berhasil memulangkan ratusan WNI yang terjebak kebijakan lockdown di Brunei untuk kembali ke tanah air udara tercinta.

KBRI Brunei telah meluncurkan edisi perdana majalah BrunIndo News yang secara rutin memuat berita selengkapnya mengenai kegiatan KBRI di Brunei Darussalam.

KBRI di Bandar Seri Begawan dinominasikan untuk menerima anugrah penghargaan MURI atas prestasi superlatif sebagai satu-satunya kedutaan besar yang memperoleh penghargaan Kerajaan Brunei Darussalam atas penyebarluasan informasi Covid-19. Merdeka!

Penulis adalah pendiri MURI dan Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Kolom Komentar


Berikutnya

Budi Dan Amat

Video

Jasad ABK WNI Ditemukan di Frezeer Kapal China

Jumat, 10 Juli 2020
Video

Waspada!! Gunung Merapi Menggelembung

Sabtu, 11 Juli 2020

Artikel Lainnya

Kucuk Aya Sofia Camii
Jaya Suprana

Kucuk Aya Sofia Camii

14 Juli 2020 16:13
Budi Dan Amat
Jaya Suprana

Budi Dan Amat

13 Juli 2020 16:52
Amanat Penderitaan Dokter
Jaya Suprana

Amanat Penderitaan Dokter

12 Juli 2020 18:49
Kemustahilan Luar Kepala
Jaya Suprana

Kemustahilan Luar Kepala

11 Juli 2020 23:50
2020 Benar-benar Tahun Tikus
Jaya Suprana

2020 Benar-benar Tahun Tikus

10 Juli 2020 19:25
Desak Cabut Larangan Hiburan, Pekerja Seni Cirebon Bakal Gelar Aksi Hari Ini
Jaya Suprana

Desak Cabut Larangan Hiburan..

10 Juli 2020 08:56
Maju Tak Gentar Melawan Covid-19
Jaya Suprana

Maju Tak Gentar Melawan Covi..

10 Juli 2020 08:55
Mengoreksi Graha
Jaya Suprana

Mengoreksi Graha

09 Juli 2020 08:25