Jeritan Penderitaan Rakyat

Jaya Suprana/Net

DALAM bersama menghadapi pagebluk wabah virus corona, beberapa sahabat menyampaikan pesan demi menyadarkan sanubari dan nurani saya mengenai keutamaan kemanusiaan sebagai ungkapan kepedulian terhadap sesama manusia, terutama kaum papa dan miskin yang makin menderita di tengah kemelut prahara multi-dimensional masa kini.

Sandyawan Sumardi


Pejuang kemanusiaan yang saya paksa menjadi mahaguru kemanusiaan saya, Sandyawan Sumardi menyampaikan pesan:

“Maaf Pak Jaya.. ini "Rumah Solidaritas Kemanusiaan Warga Jakarta" benar-benar sedang kewalahan. Banyak permintaan bantuan mulai dari sembako, masker, hand sanitizer sampai poster melawan Covid-19. Subyek sasaran bantuan kami sejauh ini adalah beberapa komunitas kampung urban, pekerja ojek online dan ojek pangkalan, pemulung, tukang koran, para warga terlantar, pedagang kaki lima sederhana, para tenaga medis klinik kesehatan di beberapa daerah (sampai jember), juga Persatuan Pasien Cuci Darah Indonesia (PCDI) serta Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI)”.

Suryo Prabowo

Mantan Wakil Gubernur Timor Timur, Letjen TNI Purnawirawan penerima anugerah Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama merangkap mahaguru berpikir jujur saya, Suryo Prabowo menyampaikan pesan:

“Mau perintahkan lockdown kek, mau karantina wilayah kek, atau mau darurat sipil kek, silakan aja, yang penting keputusan pemerintah itu ditujukan bukan untuk memperkuat kekuasaan. Tapi demi kesejahteraan rakyat kecil. Mereka yang berkerja sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tanpa mampu menabung itu TIDAK CUKUP hanya di dukung SEMBAKO saja. Mereka juga butuh uang untuk mbayar listrik, mbayar iuran bpjs, mbayar restribusi, mbayar kontrakan, nyicil hutang, beli deterjen dan sabun mandi, beli masker dan mbayar keperluan lainnya selain makan. Sampai sekarang ini (31/3) mereka sudah semingguan gak bisa apa-apa baik dirumah aja atau pun mencari uang dan makan. Mereka meski (hanya) rakyat kecil itu juga butuh uang, makan dan harga diri. Mereka tidak bisa hidup hanya dengan rebahan di dalam rumah aja”.

Aylawati Sarwono

Direktur Utama MURI merangkap pembina seni-tari tradisional nusantara serta pemerhati kemanusiaan, Aylawati Sarwono langsung mewujudkan pesan kemanusiaan Sandyawan Sumardi dan Suryo Prabowo menjadi langkah kenyataan dengan memaklumatkan gerakan menghimpun donasi amal masyarakat untuk membeli masker, hand-sanitizer, busana pelindung tubuh, produksi swadaya masyarakat Indonesia untuk disumbangsihkan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Terima kasih tak terhingga kepada para tokoh dermawan yang tidak mau disebut namanya telah menyampaikan donasi kemanusiaan. Bagi yang tergerak lubuk sanubarinya untuk mendukung gerakan sumbangsih kemanusiaan bagi rakyat miskin yang sedang menderita akibat musibah virus Corona dapat langsung menghubungi sekretariat Gerakan Kemanusiaan #MURIuntukIndonesia melalui nomor telpon selular 081881885 atau www.muri.org.

Pancasila

Memang di tengah gonjang-ganjing wabah penyakit menular yang paling menderita adalah kaum miskin. Maka marilah kita bersama peduli Jeritan Penderitaan Rakyat akibat pagebluk wabah virus corona untuk kemudian bukan hanya menghafal Pancasila agar kita diakui atau mengaku sebagai Pancasilais.

Marilah kita secara nyata mewujudkan Pancasila terutama sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Keadilan Sosial Untuk Seluruh Rakyat Indonesia menjadi kenyataan.

InsyaAllah, bangsa Indonesia segera berkenan melupakan segala perbedaan pendapat apalagi kebencian terhadap sesama bangsa sendiri, untuk bergotong-royong dengan kemampuan masing-masing yang saling beda satu dengan lain-lainnya berbhinneka tunggal ika menjalin persatuan dan kesatuan kekuatan lahir-batin dalam perjuangan bersama melawan angkara murka pagebluk virus corona. Amin.

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Kolom Komentar


Video

Viral Tenaga Medis Keluar Dengan APD Lengkap Sambil Teriak "Kami Capek, Kami Capek"

Jumat, 22 Mei 2020
Video

Habib Umar Assegaf dan Satpol PP Asmadi Saling Memaafkan

Sabtu, 23 Mei 2020
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Pesawat Pakistan di Pemukiman Padat Penduduk

Sabtu, 23 Mei 2020

Artikel Lainnya

Mengusir Bencirona Dan Corona
Jaya Suprana

Mengusir Bencirona Dan Coron..

26 Mei 2020 18:40
Norma Baru
Jaya Suprana

Norma Baru

25 Mei 2020 20:34
Diagram Sembilan Ruang
Jaya Suprana

Diagram Sembilan Ruang

24 Mei 2020 19:04
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Jaya Suprana

Selamat Hari Raya Idul Fitri

23 Mei 2020 16:25
Bilangan Surreal
Jaya Suprana

Bilangan Surreal

23 Mei 2020 08:44
Prahara Depresi Akbar
Jaya Suprana

Prahara Depresi Akbar

22 Mei 2020 08:49
Bertukar Teka-Teki Gegara Corona
Jaya Suprana

Bertukar Teka-Teki Gegara Co..

21 Mei 2020 07:23
Pengakuan Seorang Dungu
Jaya Suprana

Pengakuan Seorang Dungu

19 Mei 2020 19:39