Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Musisi Indonesia Berjaya

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Jumat, 15 November 2019, 18:47 WIB
Musisi Indonesia Berjaya
Jaya Suprana/Net
BAGI saya pribadi, Ismail Marzuki merupakan tokoh penggubah mahakarya lagu abadi setara Franz Schubert, Robert Schumann, Johannes Brahms, Hugo Wolf, Stephen Foster, Cole Porter et cetera.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tidak ada perpaduan musik dengan syair mampu menggetar sukma saya yang tumbuh-kembang di lingkungan kebudayaan Jawa seperti Yen Ing Tawang Ono Lintang mahakarya Anjar Ani.

Pianis

Iravati Sudiarso berjaya sebagai pianis Asia pertama mempergelar konserto piano bersama New York Philharmonic Orchestra pada upacara peresmian Lincoln Centre for the Performing Arts di New York City, Amerika Serikat.

Kepeloporan Iravati dilanjutkan para pianis muda Indonesia seperti Jesslyn, Gillian, Lita, Janice, Ryan, Hendrata, Gabriella, Aurelia, Michelle dan lain-lain mempersembahkan resital tunggal dalam serial pergelaran pianis muda Indonesia di Sydney Opera House.

Berpasangan dengan putrinya, Aisha Sudiarso-Pletcher kemudian Iravati Sudiarso membentuk duo-pianis melanglang buana ke berbagai gedung kesenian terkemuka dunia. Tak perlu diragukan lagi bahwa pianis tunanetra Ade “Wonder” Irawan merupakan satu di antara pianis jazz terbaik di planet bumi masa kini.

Kesaktian musikalis mau pun pianistik Michael Anthony yang autis merangkap tunanetra sulit dicari tandingannya di panggung pergelaran resital piano tunggal mau pun piano konserto di planet bumi ini.

Musisi


Ansambel Kolintang Pinkan  telah berjaya di Australia, Thailand, Rusia. Ki Nartosabdho dan Djaduk Ferianto,  merupakan dua tokoh di antara para pemimpin kelompok musisi Indonesia menggebrak panggung dunia.

Paduan Suara Armonia berkarya cemerlang di Carnegie Hall, sementara Paduan Suara Rezonans dan Batavia Madrigal Singers malang melintang menjuarai berbagai kompetisi internasional, Shandy Sondoro berjaya di Latvia dan termutakhir Claudia Emmanuela Santoso berjaya di Jerman dan tentu saja sebenarnya masih banyak lagi para pemusik Indonesia berprestasi kelas dunia yang mustahil saya sebut satu-persatu di ruang terbatas naskah sederhana ini.

Segenap prestasi superlatif tersebut memperkokoh keyakinan saya bahwa para pemusik Nusantara mampu menjunjung tinggi harkat dan martabat kebudayaan Indonesia di panggung mancanegara.

Penulis bangga atas prestasi superlatif para pemusik Indonesia

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA