Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kata Cemooh Kesatwaan

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Sabtu, 12 Oktober 2019, 16:40 WIB
Kata Cemooh Kesatwaan
Jaya Suprana/Ist
KATA cemooh berasal dari alam margasatwa paling populer adalah anjing disusul babi. Dari kemelut khasanah politik akhir-akhir ini bermunculan kata cemooh kesatwaan kreasi baru, mulai dari cebong, kampret sampai kadal gurun.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anjing

Menarik, menyimak kenyataan sifat satwa yang digunakan sebagai kata cemooh tersebut. Misalnya anjing yang pada kenyataan justru merupakan sahabat manusia yang paling setia. Bukan tanpa alasan bahwa sebuah monumen sengaja didirikan di pelataran stasiun Shibuya Tokyo demi menghormati seekor anjing bernama Hachinko yang bagi masyarakat Jepang merupakan tokoh suri teladan kesetiaan terhadap manusia.

Sebuah monumen didirikan di Central Park, New York City, untuk mengenang kepahlawan Balto. Balto adalah seekor anjing yang memimpin laskar anjing penarik kereta berisi serum diptheria dari Nenana ke Nome, Alaska demi menyelamatkan para korban wabah diptheria. Masyarakat Eskimo tahu benar tentang sifat kepahlawan dan kesetiaan anjing. Jika seorang Eskimo menyebut saya sebagai anjing berarti beliau bukan mencemooh namun memuji saya.

Babi

Babi merupakan hewan peliharaan rumah paling popular setelah anjing dan kucing di Amerika Serikat masa kini. Menurut para penyayang babi, satwa kesayangan mereka itu sangat cerdas dan sangat pembersih. Keyakinan yang dibenarkan oleh para pelatih satwa untuk pergelaran sirkus. Secara empiris terbukti bahwa babi sangat cerdas maka cepat disiplin mematuhi apa yang diajarkan kepada mereka untuk tampil sebagai pemeran sirkus yang jenaka maka sangat digemari para penonton sirkus.

Jika ada yang menyebut penampilan ragawi saya mirip babi maka saya anggap sebagai pujian sebab bentuk ragawi babi de facto satwa berbentuk lucu imut-imut.

Cebong

Di masa kanak-kanak, saya gemar memelihara cebong sebab cebong merupakan mahluk hidup yang paling menarik untuk diamati sebagai bagian dari proses metamoforsa kehidupan yang sangat menakjubkan mulai dari telur yang kemudian secara bertahap berkembang menjadi katak yang mampu hidup di air dan daratan. Saya paling takjub ketika menyaksikan bagaimana kaki-kaki mulai tumbuh dari tubuh cebong yang semula mulus.

Pada hakikatnya, cebong yang juga berbentuk imut-imut itu merupakan mahluk hidup yang mengekspresikan kebesaran, kemuliaan, dan keagungan Yang Maha Kuasa.

Kampret

Kampret merupakan satwa yang memiliki daya indera sonar luar biasa dahsyat sehingga menjadi inspirasi tokoh superhero komik DC bernama Batman yang bisa saja diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Manusia Kampret. Kedigdayaan Batman bahkan dapat dikatakan lebih unggul Superman. Terbukti Batman tidak pernah terbunuh sementara Superman sempat terbunuh meski kemudian dihidupkan kembali akibat diprotes para penggemarnya.

Kadal Gurun

Keliru apabila kadal gurun dilecehkan. Bagi yang pernah mencoba hidup di gurun seharusnya menghormati dan menghargai para kadal gurun dalam hal kemampuan bertahan hidup di lingkungan alam luar biasa amat sangat tidak kondusif. Charles Darwin dan Konrad Lorenz pasti mengagumi daya bertahan hidup para kadal gurun sebagai suri teladan mashab evolusi the survival of the fittest.

Saya mungkin bisa bertahan hidup di gurun maksimal 24 jam lalu pingsan atau bahkan langsung mampus sementara para kadal gurun sebagai satwa melata jenis reptilia dianugrahi kemampuan bertahan hidup tanpa minum dan makan dalam jangka waktu jauh lebih lama ketimbang seorang manusia serba lemah seperti saya ini. rmol news logo article

Penulis adalah pembelajar kehidupan satwa

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA