Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sir Anish Kapoor

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Senin, 16 September 2019, 05:40 WIB
Sir Anish Kapoor
Cloud Gate, Millenium Park, Chicago/Net
DALAM lembaran sejarah industri film India, nama keluarga besar Kapoor terukir dengan tinta emas diawali oleh Prithvraj Kapoor dan tiga putranya Raj Kapoor, Shammi Kapoor, Shasi Kappor disusul para cucunya seperti Randhir Kapoor, Rishi Kapoor, Rajiv Kapoor, Sanjana Kapoor, dan para buyut seperti Karisma Kapoor, Kareena Kapoor dan Ranbir Kapoor.

Sementara putra Ritu Kapoor putri Raj Kapoor, Nikhil Nanda menikah dengan Shwera Bachchan, putri Amitabh Bachachan membentuk pohon silsilah dinasti Kapoor-Bachchan. Namun tidak banyak yang kenal Anish Kapoor.

Mumbai


Sir Anish Mikhail Kapoor yang dilahirkan di Mumbai 1954 memang tidak berkarya di dunia perfilman, namun di seni rupa.

Anish Kapoor memperoleh gelar kebangsawanan Inggris dari Ratu Inggris pada tahun 2013, di samping doktor kehormatan dari universitas Oxford 2014, serta penghargaan Padma Bhushan dari pemerintah India atas mahajasa bagi seni rupa India yang mendunia.

Anish Kapoor juga memperoleh penghargaan Lennon-Ono untuk perdamaian di samping Genesis Prize dari Israel.

Mendunia

Sang Mahaperupa alumnus Chelsea School of Art & Design ini mewakili kerajaan Inggris pada Venice Biennale 1990 sebelum 1991 memperoleh anugrah penghargaan Turner yang merupakan penghargaan seni-rupa tertinggi kerajaan Inggris.

Mahakarya Anish Kapoor yang paling popular adalah seni pahat dengan menggunakan materi stainless steel dengan judul Cloud Gate abadi dipamerkan di Taman Milenium Chicago.

2006 Rockefeller Centre, di New York City dihebohkan oleh mahakarya Sky Mirror yang kemudian 2010 dipamerkan di Taman Kensington, London, Temenos di Middlehaven, Middlesbrough, Leviathan di Grand Palais Paris dan bangunan monumental ArvelorMittal Orbit di Taman Olimpiade, London.

Pada tahun 2009, Anish Kapoor menciptakan mahakarya Cinema di Terra  terbuat dari tanah dan beton sepanjang 45 meter, selebar 3 meter dan sedalam 7 meter di  Pollino National Park sebagai taman nasional terbesar Italia masa kini.

Bersama Zubin Mehta di bidang seni-musik, Anish Kapoor di bidang seni-rupa merupakan dua mahaputra terbaik Kota Mumbai yang keharuman namanya melanglang buana ke berbagai pelosok planet bumi abad XX dan XXI. rmol news logo article

Penulis adalah pembelajar peradaban dan kebudayaan dunia

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA