Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sumber Utama Kehidupan

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Kamis, 08 Agustus 2019, 11:27 WIB
Sumber Utama Kehidupan
Wadi Oman/Net
MALAPETAKA Black-Out 4819 menyadarkan kita agar Ojo Dumeh maka jangan meremehkan perihal terkesan take for granted.

Bagi saya yang terbiasa hidup dengan sediaan air berkecukupan terkesan bahwa air juga sekadar take for granted sebagai kewajaran yang tidak perlu disadari apalagi dirisaukan.

Kesan sesat itu bertahan sampai dengan saya mempelajari latar belakang peradaban kesultanan Oman.

Kehidupan

Minyak bumi merupakan anugrah Allah Yang Maha Kuasa kepada Oman sehingga Sultan Qaboos dapat menyejahterakan rakyat Oman.

Memang sumber kekayaan utama Oman adalah minyak-bumi namun sumber utama kehidupan Oman adalah air.

Pada wilayah kesultanan Oman yang mayoritas terdiri dari pegunungan nan gersang penuh bebatuan, air yang dalam ilmu kimia disebut sebagai H2O merupakan sumber utama kehidupan yang langka maka memiliki nilai sangat berharga.

Suatu nilai sangat berharga yang sulit dipahami oleh masyarakat yang terlanjur termanjakan dengan sediaan air berlimpah-ruah sehingga dianggap take for granted.

Perlu disadari bahwa tanpa minyak, kesultanan Oman memang tidak semahakayaraya seperti sekarang ini namun tanpa air malah mustahil kesultanan Oman mampu eksis di planet bumi ini.

Tanpa air mustahil manusia termasuk saya mampu hidup.

Wadi

Bagi yang ingin menghayati bagaimana masyarakat Oman menghargai air sebaiknya mengunjungi beberapa Wadi alias aliran air alias sungai di selatan Muskat sebagai ibukota Oman masa kini Wadi Arbeen, Wadi Shab dan Wadi Tiwi.

Di tiga Wadi tersebut, kita dapat merasakan betapa masyarakat kesultanan Oman menghargai dan menghormati air sebagai sumber kehidupan utama mereka.

Air diperlakukan secara cermat dan seksama sebagai bagian hakiki alam yang luar biasa berharga dalam kehidupan manusia serta satwa dan puspa.

Air menjadi sumber kehidupan utama bagi pohon kurma yang tumbuh di sekitar setiap oasis mau pun hewan ternak mulai dari kambing, keledai sampai unta.

Unta dipelihara sebagai hewan angkut, sumber susu maupun daging yang konon di samping lezat juga mengandung khasiat untuk menjaga kesehatan.

Di Wadi Shab, kami sempat jumpa seekor anjing yang sangat disayangi masyarakat setempat karena sangat cerdik dan disiplin mengawal para kambing jangan sampai berkeliaran masuk di kawasan yang lazim dilewati para wisatawan.

UNESCO

Sumber air payau yang ditemukan pada sebuah sink hole di pesisir tenggara Oman, Bhimaah diangkat menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan yang ingin mengenal seberapa jauh masyarakat Oman menghargai air sebagai anugrah Allah Yang Maha Kuasa.

UNESCO sudah resmi mengakui Aflai sebagai sistem irigasi tradisional Oman untuk distribusi air bagi masyarakat Oman sebagai situs Warisan Kebudayaan Dunia mahakarya kesultanan Oman di samping kota tua Qalhat, benteng Bahal serta taman pepohonan Boswellia sebagai sumber minyak kemenyan alias frankincense sebagai produk ekspor non-migas utama di samping kurma bagi kesultanan Oman.

Semua itu berkat air. rmol news logo article

Penulis adalah pembelajar peradaban dan kebudayaan dunia.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA