Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Slovakia Dan BKSP DPD RI Fokus 5 Bidang Kerjasama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 05 April 2019, 11:39 WIB
Dubes Slovakia Dan BKSP DPD RI Fokus 5 Bidang Kerjasama
Badan Kerja Sama Parlemen DPD RI menerima kunjungan Dubes Slovakia untuk RI, Jaroslav Chlebo/Humas DPD RI
rmol news logo Duta Besar Slovakia Untuk Indonesia, Jaroslav Chlebo berkunjung ke Badan Kerja Sama Parlemen DPD RI, Jumat (29/3) lalu.

Kunjungan ini tindak lanjut dari kunjungan delegasi BKSP DPD RI ke Slovakia tanggal 11-17 Maret yang lalu.

Dubes Chlebo diterima oleh Ketua delegasi kunjungan BKSP DPD RI ke Slovakia, Emma Yohana didampingi oleh anggota BKSP Farouk Muhammad (NTB), Abu Bakar Djamalia (Jambi) dan senator dari Provinsi Papua Barat, Chaidir Djafar, serta disaksikan oleh Ketua BKSP DPD RI G.K.R. Ayu Koes Indriyah.
 
Dalam pertemuan ini, kedua pihak berfokus pada lima bidang utama, yaitu kerja sama riset pertanian gandum tropis, pendidikan, pengolahan sampah, dan pemberian bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk berkunjung ke Slovakia.

Dubes Slovakia, terutama ingin membicarakan kepastian tindak lanjut kerja sama riset gandum tropis.

Kerja sama ini sebenarnya telah diwujudkan oleh Universitas Andalas dengan University of Bratislava.
 
Dalam kerja sama riset gandum tropis, Slovakia menyatakan telah siap sepenuhnya untuk meneruskan kerja sama sampai tingkat keekonomian untuk diproduksi secara massal.

Emma Yohana yang merupakan senator dari Sumatera Barat mengaku sudah berbicara dengan rektor Unand dan dekan Fakultas Pertanian Andalas untuk menindaklanjuti kerja sama ini.
 
Emma juga berkomitmen untuk memfasilitasi sebuah pertemuan guna meningkatkan implementasi penelitian gandum tropis hingga tahap penanaman massal.

Saat ini sudah ada tujuh provinsi yang siap menjadi lahan uji coba penanaman massal, dua di antaranya adalah Sumatera Barat dan Bengkulu.
 
Ke depan, BKSP dan Komite II DPD RI akan terus mengadakan pertemuan-pertemuan dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Pertanian, pemerintah daerah dan pihak universitas.

Dalam pertemuan-pertemuan yang akan diadakan itu, Dubes Slovakia akan diundang untuk turut menyaksikan tindak lanjut kerja sama.

Pembicaraan hangat dan akrab juga terjadi dalam topik-topik penting yang lain.
 
Dalam hal pemberian bebas visa, DPD RI juga akan berusaha meyakinkan pemerintah Slovakia untuk memenuhi permintaan Indonesia.

Emma menyakinkan WNI baik dan tidak perlu dicurigai untuk hal-hal seperti terorisme.
 
Dalam hal pengolahan sampah, para senator menyatakan ada beberapa peluang kerja sama yang bisa segera diwujudkan di daerah masing-masing. Begitu pula halnya dengan bidang pendidikan.

Para senator yang hadir mengundang Dubes Slovakia untuk berkunjung ke daerah mereka dan akan difasilitasi untuk membicarakan kerja sama di kedua bidang itu dan disambut baik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA