Kado Terindah Bagi Bangsa Indonesia Datang Dari Puncak Elbrus Rusia

Sabtu, 18 Agustus 2018, 14:11 WIB
Laporan: Amelia Fitriani

Foto: RMOL

Tepat tanggal 17 Agustus 2018 pukul 12.30 waktu Rusia, Tim Ekspedisi Garuda Muda RMOL berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak tertinggi Benua Eropa, Elbrus, yang memiliki ketinggian 5.642 mdpl.

Langkah para pelajar Elpala SMA 68 untuk memberikan kado terindah bagi HUT ke-73 RI tidaklah mudah. Mereka harus jatuh bangun melawan cuaca yang ekstrem di medan bersalju yang tidak pernah mereka temui di Indonesia.

"Para pendaki sempat mengalami Mountain Sickness di ketinggian 5.300 mdpl dengan gejala kepala pusing dan mual, namun mereka memilih tetap melanjutkan perjuangan menuju Puncak Elbrus," terang Manajer Pendakian Dar Edi Yoga dari Barrel Hutt, Elbrus, Rusia, Sabtu, (18/7).

Ditambahkan Dar Edi Yoga, para pelajar yang berusia 16 dan 17 tahun itu membutuhkan waktu 8 jam untuk dapat tiba di puncak tertinggi Benua Eropa.

"Mereka adalah pelajar pertama dari Indonesia yang berhasil menggapai Puncak Elbrus. Semangat dan perjuangan mereka patut dicontoh dan diapresiasi," terang Yoga yang juga Wakil Pemimpin Umum RMOL.

Kegigihan para pelajar ini, menurut Yoga, menunjukan bahwa generasi muda punya semangat bela negara dan cinta tanah air. Mereka berani mengorbankan jiwa demi membawa Merah Putih ke Puncak tertinggi Benua Eropa.

"Disaat yang lain asik dengan dunia hura-hura dan gadget, para pelajar ini rela meninggalkan ayah-ibu dan keluarga demi membawa nama harum bangsa dan negara," tegas Dar Edi Yoga.

Empat pelajar yang tergabung dalam Ekspedisi Garuda Muda RMOL terdiri dari, Geas Aldino, Ryan Muhammad Azizulfiqar, Salsa Khusnus Solekhani, dan Timothy Jonathan yang didampingi jurnalis perempuan RMOL Widya Victoria, alumni Elpala Onaria Fransisca dan tunadaksa dunia asal Solo, Sabar Gorky.

Kegiatan pendakian ini turut mendapat dukungan dari Kantor Sekretariat Wakil Presiden, Artha Graha Peduli, Siloam Hospitals, Jamu Jago, produsen peralatan outdoor Eiger Adventure. [mel]

Kolom Komentar


Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019
Video

Golkar Perlu Proyeksikan Politik Urban di 2024

Minggu, 22 September 2019
Video

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Minggu, 22 September 2019