Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Penjelasan Kemendikbud Soal Logo Mirip Palu Arit di Buku SMA Ciamis

Bukan Kisi-kisi UN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 25 Januari 2017, 13:17 WIB
rmol news logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluruskan informasi mengenai logo mirip palu arit di buku soal Ujian Nasional SMA di Ciamis.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno menegaskan logo tersebut bukan kisi-kisi soal UN.

"Buku yang ditemukan terdapat motif gambar yang dianggap kurang baik yang disampaikan dalam pemberitaan beberapa media tersebut, bukan merupakan kisi-kisi UN. Karena kisi-kisi UN disusun dan ditetapkan oleh BSNP,” jelas Totok di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1).

Penyusunan oleh BSNP, lanjut Totok dilakukan berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.

Penyampaian diterbitkannya kisi-kisi UN tahun 2017, BSNP juga telah menerbitkan surat edaran Nomor 0075/SDAR/BSNP/IXX/2016, tentang Kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017. Surat edaran tersebut disampaikan kepada seluruh kepala dinas pendidikan provinsi, dan kepala kantor wilayah Kementerian Agama, yang menyebutkan bahwa telah dikeluakan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMPLB/SMALB, dan kisi-kisi UN Paket B dan Paket C.

Oleh karenanya, menjelang UN 2017 ini, lanjut Totok, pihaknya mengimbau para guru dan siswa mengakses laman khusus UN, un.kemdikbud.go.id.

Di laman itu, para peserta UN dapat mengakses kisi-kisi sebagai rambu-rambu yang akan diujikan dalam UN.

Kisi-kisi ujian nasional telah disusun dan ditetapkan oleh BSNP, dan para peserta UN dapat mengunduhnya di laman resmi UN,” demikian Totok. [sam]

ARTIKEL LAINNYA