Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

GMT Dimanfaatkan Untuk Bidik Wisman Brunei Dan Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 20 Februari 2016, 20:27 WIB
GMT Dimanfaatkan Untuk Bidik Wisman Brunei Dan Malaysia
rmol news logo Kalimantan Barat sudah menyiapkan sejumlah agenda untuk menyambut peristiwa alam Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang. Serangkaian kegiatan dalam rangka meramaikan Total Eclips itu untuk membidik wisatawan mancanegara, khususnya dari Malaysia dan Brunei Darussalam.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui bahwa Pontianak, ibukota Kalbar, tidak sampai 100 persen gerhana. Pontianak hanya dilewati gerhana matahari sedang, sekitar 92,96 persen.

Namun hal itu diyakini tidak akan menyurutkan niat wisman dan peneliti untuk datang. "Ada sensasi lain di Pontianak. Karena berada persis di bawah garis khatulistiwa," kata Menpar Arief Yahya dalam keterangannya (Sabtu, 20/2).

Di Kota Pontianak sendiri, akan ada dua titik yang bisa menyaksikan gerhana matahari. Titik pertama adalah Pontianak Convention Center (PCC). Sementara titik berikutnya Kantor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Hilfira Hamid, mengungkapkan, bagi pengunjung PCC yang terletak di Pontianak Selatan, diizinkan melihat langsung dari puncak gedung. "Sementara untuk Pontianak Timur, di Markas Lapan sudah ada peralatan khusus yang disiapkan untuk menyaksikan fenomena GMT," paparnya.

Dia berharap peristiwa langka tersebut bisa mendongkrak wisatawan, baik itu datang untuk melihat gerhana secara langsung ataupun melakukan penelitian. "Peneliti Malaysia dan Brunei Darussalam akan kita undang karena di kedua negara tersebut tidak dilewati atau tidak bisa menyaksikan gerhana matahari," tandasnya.

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyediakan 180-an kacamata khusus. Kacamata khusus ini bisa menangkal efek negatif dari tingginya radiasi GMT. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA