Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jalur Ganda KA Pantura Tak Efektif Alihkan Angkutan Truk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 20 Februari 2016, 17:36 WIB
Jalur Ganda KA Pantura Tak Efektif Alihkan Angkutan Truk
rmol news logo Pembangunan jalur ganda kereta api (double track) di sepanjang Pantai Utara Jawa dinilai kurang efektif untuk mengalihkan angkutan logistik dari truk ke kereta api.

"Buktinya, kereta logistik di jalur itu hanya mengangkut sekitar 10% dari target 1 juta TUEs (Twenty Foot Equivalent Units)," tegas anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono, dalam keterangan persnya, Sabtu (20/2).

Menurutnya, kegagalan angkutan kereta logistik itu disebabkan infrastruktur di sepanjang jalur double track kurang memadai dan biayanya relatif mahal.

"Jalur itu sangat crowded, stasiun umumnya berada di tengah kota, jalan ke luar masuk stasiun sempit, infrastruktur stasiun minim seperti tidak adanya depo kontainer. Di tiga provinsi yang dilalui jalur itu juga terdapat 1.400 lintas sebidang, 60% di antaranya belum dijaga petugas," ujar Bambang

Akibatnya, 200 rangkaian kereta yang melalui jalur ganda itu setiap hari membuat lalu lintas jalan semakin padat dan berisiko tinggi terjadinya kecelakaan.

"Apalagi saat ini sekitar 2 juta truk simpang siur di jalan raya, ditambah ribuan kendaraan di daerah setempat," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA