Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ahok Paling Banyak Diberitakan Karena Posisinya Saat Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 15 Februari 2016, 04:57 WIB
Ahok Paling Banyak Diberitakan Karena Posisinya Saat Ini
ahok saat diwawancara kompas tv/net
rmol news logo Basuki Tjahaja Purnama paling banyak diberitakan media dibanding sejumlah nama yang disebut-sebut bakal maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang karena posisinya saat ini sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Hal ini, bisa dipahami karena Ahok masih memimpin," jelas Direktur Komunikasi Indonesia Indikator (I2), Rustika Herlambang dalam keterangannya (Senin, 15/2). (Baca: Jelang Pilgub DKI, Ini Lima Sosok Yang Paling Mendapat Perhatian)

Makanya tidak heran, ekspose Ahok selama tiga bulan berturut-turut melebihi ekspose kandidat lainnya. "Hal ini terlihat dari pemberitaan Ahok dalam tiga bulan terakhir, sebanyak 22.935 berita, tiga kali lipat jumlahnya dibandingkan total pemberitaan empat nama lainnya," papar Rustika.

Empat nama yang dimaksud adalah Ridwan Kamil, Ahmad Dhani, Sandiaga Uno, serta Yusril Ihza Mahendra.

Begitu juga apabila dilihat dari persebaran pemberitaan di wilayah DKI Jakarta, Ahok masih menguasai sebanyak 73 persen pemberitaan di media. Disusul Ridwan Kamil sebanyak 8 persen, Ahmad Dhani 7 persen, Sandiaga Uno dan Yusril Ihza masing-masing 6 persen.

Selain itu, dibandingkan dengan kandidat lainnya, lanjut Rustika, ekspose Ahok juga menyeluruh di seluruh Indonesia. Juga soal konten. Menurutnya, yang disampaikan Ahok masing-masing berkisar tentang aktivitas yang dilakukan terkait posisinya sebagai gubernur.

"Dalam pengalaman Indonesia Indicator, kandidat yang memiliki pola pemberitaan seperti tersebut berpeluang memenangkan pilgub. Meskipun dari sisi sentimen negatif pemberitaan, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno menempati sentimen negatif terendah, yakni sebesar 14 dan 13 persen," ujar Rustika.

Meski begitu, lanjut Rustika, para kandidat lain tidak perlu khawatir, karena peta politik sangat dinamis. Menurut dia, berbicara mengenai pilkada adalah perihal menang kalah dalam kontestasi.

"Perilaku pemilih kerap mencerminkan 'kekaguman sesaat' atau 'kekaguman sementara' dengan figur cagubnya. Dalam waktu setahun, para kandidat dan kandidat lain yang namanya belum disebut masih bisa mempersiapkan diri. Mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang mampu mendengarkan suara warga, menangkap keinginan mereka, dan kemudian mampu mewujudkan harapan warga DKI,” pungkas Rustika. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA