Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ceramah Agama Harus Mencerahkan Dan Membebaskan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 19 Januari 2016, 21:29 WIB
Ceramah Agama Harus Mencerahkan Dan Membebaskan
saleh daulay
rmol news logo Para pendakwah sangat penting untuk dilibatkan dalam program deradikalisasi. Selain memiliki jamaah, para pendakwah juga sangat didengar nasehat-nasehatnya. Karena itu, Kementerian Agama dapat menjalin komunikasi intensif dengan para pendakwah.

"Dengan begitu, dinamika dan perkembangan umat dapat diketahui dengan baik. Jika ada masalah, bisa sama-sama dicarikan solusinya," jelas Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay malam ini (Selasa, 19/1).

Saleh sendiri mengingatkan bahwa ceramah agama harus mencerahkan. Selain itu, yang paling penting adalah membebaskan.

"Yang dimaksud dengan membebaskan itu adalah ceramah dimaksudkan untuk menciptakan kemandirian jamaah baik dalam mengamalkan ajaran agamanya maupun dalam menghadapi kehidupan sosial," ungkapnya.

Menurutnya, nasehat-nasehat menuju kebaikan dan pembebasan tentu sangat efektif untuk meredam tindak kekerasan.

"Dai itu kan tugasnya menyampaikan pesan-pesan agama. Jika disampaikan dengan benar, semestinya jamaah akan tercerahkan dan terbebaskan," demikian mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Sebelumnya, Saleh menyampaikan bahwa Menteri Agama mampu menjadi leading sector dalam program-program deradikalisasi. (Baca: Kementerian Agama Harus Menjadi Leading Sector Dalam Program Deradikalisasi)

Selain memiliki jaringan yang cukup luas di seluruh tanah air, Kemenag juga bisa menjalin kerjasama dengan ormas-ormas dan tokoh-tokoh masyarakat. Apalagi, Kemenag mampu menampilkan pandangan keagamaan yang lebih mudah dipahami masyarakat. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA