Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

90 Jemaah Iran Meninggal, Ayatollah Khamenei Umumkan Tiga Hari Masa Berkabung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 25 September 2015, 07:18 WIB
90 Jemaah Iran Meninggal, Ayatollah Khamenei Umumkan Tiga Hari Masa Berkabung
rmol news logo Pemimpin spritual Iran, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei, mengumumkan tiga hari masa berkabung menyusul tragedi Mina yang merenggut nyawa ratusan jemaah haji.

Dalam tragedi yang terjadi pada Kamis pagi waktu setempat tersebut, sebanyak 90 jemaah haji asal Iran menimggal dunia dan 150 lainya terluka.

"Sebagai ungkapan duka atas kerabat jamaah haji yang meninggal, saya mengumumkan tiga hari masa berkabung nasional," jelas Seyyed Ali Khamenei seperti dilansir IRNANews.

Dia sendiri menyesalkan terjadinya tragedi tersebut. Menurutnya, Pemerintah Arab Saudi harus bertanggung jawab atas insiden yang terjadi saat jamaah haji hendak melakukan lontar jumroh.

"Pemerintah Arab Saudi harus bertanggung jawab atas insiden pahit ini," tegasnya.

Informasi terakhir, korban tewas dalam tragedi Mina telah mencapai angka 717 jemaah haji. Sementara jumlah korban yang mengalami luka diperkirakan sebanyak 805 orang. Tiga jamaah asal Indonesia turut menjadi korban dalam insiden tersebut.

Dua jamaah haji Indonesia yang meninggal adalah Hamid Atwi Tarji dari Probolinggo, Jawa Timur, dan Busyaiyah Sahrel Abdul Gafar yang berangkat dari embarkasi Batam. Sementara satu jemaah lagi belum teridentifikasi karena tidak membawa identitas seperti gelang yang berisi informasi nama, nomor kloter, dan embarkasi.  [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA