Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pejabat harus Jadikan Semangat Ibadah Kurban untuk Entaskan Kemiskinan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 24 September 2015, 19:22 WIB
Pejabat harus Jadikan Semangat Ibadah Kurban untuk Entaskan Kemiskinan
marwan jafar (tengah)
rmol news logo Birokrat di lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi harus menjadikan ibadah kurban sebagai penyemangat untuk meningkatkan produktifitas kerja dan mengentaskan angka kemiskinan di perdesaan.

Karena selain berdimensi ritual-transendental sebagai sebagai wujud penghambaan manusia dalam ekspresi syukur kepada Allah SWT, ibadah qurban juga memiliki dimensi kedua.

"Yaitu dimensi sosial yang tergambar dari komponen pembagian hasil penyembelihan hewan kurban kepada fakir miskin. Di sini ditujukan untuk menimbulkan nuansa egaliter dalam masyarakat," ujar Menteri Desa Marwan Jafar saat berbincang santai usai menyerahkan satu ekor sapi kepada panitia kurban di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (24/9).

Karena itulah, Menteri Marwan yang melaksanakan shalat Idul Adha di lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi, mengajak semua birokrat untuk bisa memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai sosial ibadah qurban yang dilakukan pada saat hari raya Idul Adha.

Apalagi, dia menambahkan, ibadah dalam bentuk ritual belum sempurna jika tanpa dibarengi ibadah dalam bentuk kepekaan dan kepedulian sosial.

"Jika kita dapat mengaktualisasikan kesalehan individual-personal melalui ibadah, menjadi suatu kesalehan sosial, maka kita bisa menjadi manusia yang mendatangkan rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam)," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA