Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Besok Sabar Gorky Latihan Gabungan di Puncak Semeru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 27 Juli 2015, 00:11 WIB
Besok Sabar Gorky Latihan Gabungan di Puncak Semeru
sabar gorky/ist
rmol news logo Tinggal menghitung hari untuk pendaki tuna daksa dunia asal Solo, Sabar Gorky menggapai prestasi dalam rangkaian seven summits of seven continent atau 'tujuh atap dunia', puncak Gunung Carstenzs (4884 mdpl) di Papua.     

Pada puncak tertinggi di lempeng benua Australia itu Sabar Gorky akan mengibarkan bendera Merah Putih tepat saat kemerdekaan 70 tahun Indonesia pada 17 Agustus 2015 mendatang. Kali ini, Sabar Gorky akan didampingi sebanyak 20 anggota marinir TNI Angkatan Laut, beberapa anggota organisasi pemuda pendaki gunung Top Ranger and Mountain Pathfinder (TRAMP), pendaki asal Surabaya, dokter Agung Rahardjo Dukut Hadyono serta sejumlah awak media yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Marinir Rakyat Merdeka.

Seperti pendakian dua puncak gunung tertinggi dunia sebelumnya, yakni Elbrus di Rusia dan Kilimanjaro di Afrika, stamina fisik tentu harus dipersiapkan matang oleh Sabar Gorky dan juga kawan-kawan.

Berkaitan ekspedisi seven summits ini, rencananya esok pagi (Senin, 27/7) Sabar Gorky dan tim akan bergerak dari markas Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir di Sidoarjo, Jawa Timur menuju Malang untuk latihan fisik gabungan ke puncak Gunung Semeru (3667 mdpl).

"Jalur Semeru hampir sama dengan Kilimanjaro, semi-semi manjat. Kalau Carstenzs saya tidak tahu," ucap Sabar Gorky saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, sesaat lalu.

Namun begitu, pendaki kaki satu yang pernah meraih emas pada Kejuaraan Panjat Dinding Asing 2009 di Korea Selatan tersebut menekankan pentingnya untuk tetap menjaga kekompakan tim.

"Untuk mencapai puncak Mahameru kita harus selalu kompak, ke Cartenz juga seperti itu. Seharusnya begitu," harapnya.

Ini latihan fisik lanjutan, setelah sebelumnya tim Marinir mendaki Gunung Welirang (3.156 mdpl) di Jawa Timur selama dua hari pada 2-3 Juli lalu. Di hari yang sama, kelompok TRAMP yang dipimpin Asep Sumantri melakukan pendakian sehari ke puncak Gunung Gede (2.958 mdpl). Selang sepekan kemudian dilanjutkan latihan gabungan Marinir dan TRAMP selama dua hari ke puncak Gunung Argopuro (3.088 mdpl) di Kabupaten Probolinggo, Jatim. [wah]

ARTIKEL LAINNYA