Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menperin: Iklim Investasi di Tanah Air Terus Bergairah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 10 Juli 2015, 21:15 WIB
Menperin: Iklim Investasi di Tanah Air Terus Bergairah
rmol news logo Iklim investasi Tanah Air terus bergairah seiring pasar dalam negeri yang prospektif. Di industri air minum dalam kemasan (AMDK) misalnya, pelaku bisnis ini agresif menyuntikkan modal.

"Hal itu membuktikan pasar dalam negeri terus tumbuh dan menyuburkan bisnis ini," jelas Menteri Perindustrian Saleh Husin di sela-sela kunjungan dan buka puasa bersama dengan komisaris, direksi dan karyawan PT Oasis Waters Internasional di kawasan Tanah Abang, Jakarta, (Jumat, 10/7).

Menurutnya, jumlah penduduk yang besar dan kebutuhan akan produk berkualitas menjadi magnet bagi industri ini untuk meningkatkan produksi dan investasi.

PT Oasis misalnya, imbuh Menperin, bakal menambah investasi hingga totalnya menjadi Rp 1,4 triliun. Rinciannya, sepanjang periode 2011 - 2015 sebesar Rp 1, 1 triliun dan pada 2016 siap menggelontorkan lagi dana investasi Rp 3OO miliar.

"Kita lihat bahwa pertumbuhan ekonomi global yang masih sementara ini lemah, di satu sisi kita melihat yang dilakukan Oasis dengan melebarkan investasinya adalah wujud optimisme pelaku industri," tutur Saleh sembari mengapresiasi langkah strategis yang dilakukan Oasis yang menggambarkan prospektifnya investasi di Indonesia.

Optimisme itu, imbuh Menperin lagi, dengan alokasi investasi untuk membangun pabrik baru milik Oasis di Semarang, Jawa Tengah yang rencananya beroperasi 2016. Perusahaan juga menggunakan sebagian dana lainnya untuk memperkuat rantai distribusi hingga ke konsumen.

Oasis berharap agresivitas ekspansi bermuara pada tercapainya target menjadi perusahaan AMDK terbesar kedua di tahun depan. "Kami optimistis mampu meningkatkan market share dari saat ini 13 persen menjadi 20 persen," kata Chairman Oasis, Alfi Gunawan.

Selain itu, perusahaan ini juga tengah mengkaji untuk mengembangkan bisnis ke usaha air minum di luar mineral. "Kita juga sedang pelajari untuk buat produk minuman baru dari teh atau kopi," kata Direktur Oasis Waters Internasional Nathaniel Gunawan. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA