Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buya Yunahar Kandidat Kuat Ketua Umum PP Muhammadiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 29 Juni 2015, 15:22 WIB
Buya Yunahar Kandidat Kuat Ketua Umum PP Muhammadiyah
Buya Yunahar
rmol news logo Prof. Dr. Yunahar Ilyas merupakan kandidat terkuat Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2015-2020, berdasarkan polling internal Muhammmadiyah dan komunikasi informal beberapa Pimpinan Wilayah (PW) dan Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah.

"Beliau dianggap figur ulama," jelas salah satu kandidat PP Muhammadiyah,
yang sudah mengundurkan diri, Raja Juli Antoni, dalam siaran persnya (Senin, 29/6). (Baca: Raja Juli Antoni Mundur dari Proses Pencalonan Ketua Umum Muhammadiyah)

"Banyak PW dan PD Muhammadiyah yang bersimpati. Apalagi tokoh kharismatik sekelas Prof. Dr. Amien Rais, menurut laporan beberapa PWM dan PDM juga mendukung Bang Yunahar sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah 5 tahun mendatang," sambung Toni, panggilan akrab mantan Direktur Eksekutif Maarif Institute tersebut.

Selain tokoh yang kerap disapa Buya Yunahar itu, ada sederet nama yang juga difavoritkan untuk memimpin PP Muhammadiyah seperti Dr. Haidar Natsir, Dr. Syafiq Mughni, Dr. Muhadjir Effendy,  Dr. Rizal Sukma, Dr. Dadang Kahmad, Dr. Abdul Mu'ti dan Dr. Hajriyanto Y. Thohari.

"Saya berharap siapapun yang terpilih nanti tetap meneruskan kepimpinan kolektif dan kolegial, memastikan Muhammadiyah menjadi gerakan modern dan moderat," pungkas Toni.

Tahapan Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makasaar pada 3-7 Agustus 2015 mendatang memasuki tahapan krusial. Besok, (Selasa, 30/6) merupakan batas waktu terakhir 108 orang kandidat untuk menyatakan bersedia/tidak bersedia dicalonkan.

108 kandidat tersebut merupakan usulan anggota Tanwir yang telah "lulus" seleksi administratif ketat yang dilakukan Panitia Pemilihan (Panlih) Anggota Pimpinan Pusat  Muhammadiyah Periode 2015-2020.Dalam muktamar nanti, muktamirin memilih 13 orang formatur. Ke-13 orang formatur itulah yang akan memilih ketua umum. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA