Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Empat Pahlawan Reformasi Diabadikan Jadi Nama Jalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 11 Mei 2015, 01:57 WIB
Empat Pahlawan Reformasi Diabadikan Jadi Nama Jalan
rmol news logo Menjelang acara puncak Peringatan 17 Tahun Tragedi 12 Mei 1998, Universitas Trisakti (Usakti) memberi nama jalan di kawasan kampus Nagrak, Cibubur, Kecamatan Gunung Putri, Bogor dengan nama empat pahlawan reformasi yang gugur tertembak pada saat melakukan aksi damai memperjuangkan reformasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Kami berikan nama jalan di kampus kami dengan nama Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan dan Hendriawan Sie. Ini merupakan bentuk penghargaan kami terhadap para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan reformasi 17 tahun silam," ujar Wakil Rektor III Usakti Hein Wangania di Kampus Usakti Nagrak, Bogor, Sabtu (9/5).

Dalam acara yang juga dihadiri Rektor Usakti Prof. Thoby Mutis bersama masing-masing orangtua pahlawan reformasi yaitu Ibu Hiratety  Ibunda (Alm) Elang Mulia Lesmana, Ibu Lasmiyati Ibunda (Alm) Hery Hartanto, Ibu Karsiah Ibunda (Alm) Hendriawan Sie dan Ibu Sunarmi Ibunda (Alm) Hafidin Royan, Hein berharap pemberian nama jalan ini dapat memberikan semangat kepada yang lain untuk terus berjuang tampa pamrih demi Indonesia yang lebih baik.

"Dengan pemberian nama jalan ini, kita juga ingin agar masyarakat tetap ingat dan tidak melupakan perjuangan mereka," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Tim Pemulihan dan Informasi Usakti, yang juga merupakan saksi hidup peristiwa tragedi 1998, Advendi Simangunsong. Menurutnya pemberian nama jalan ini merupakan simbol dari bentuk perjuangan agar seluruh Civitas Akademika Usakti terus mengenang dan mencontoh perjuangan para pahlawan reformasi ini.

"Peringatan tragedi 12 Mei juga bukan hanya sekedar tradisi dan kegiatan rutin biasa bagi kami, namun bagi kami 12 Mei adalah Hari Pahlawan, sebagai tanda pengingat untuk terus berjuang, walau bentuk perjuangannya mungkin tidak sama seperti dahulu, sekarang kita berjuang untuk ikut berperan dalam membangun dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, dan hal ini ada di dalam visi dan misi Universitas Trisakti," paparnya.

Acara pemberian nama jalan pahlawan reformasi ini merupakan rangkaian Peringatan 17 Tahun Tragedi 12 Mei 1998 yang masih akan dilaksanakan hingga acara puncak yang dilakukan pada tanggal 11 Mei berupa malam renungan dan upacara serta napak tilas tragedi Trisakti yang akan dilakukan pada 12 Mei mendatang, dan ditutup dengan aksi damai yang akan dilakukan di Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Kemarin Civitas Akademika Usakti juga telah melakukan ziarah ke makam para pahlawan reformasi di TPU Al Kamal, dan TPU Tanah Kusir, serta makam keluarga di Sirnagalih Bandung," ujar Advendi.[dem]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA