Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HARI PERS NASIONAL 2015

Penghargaan Jurnalistik Diberikan untuk 8 Kategori

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 15 Januari 2015, 06:47 WIB
Penghargaan Jurnalistik Diberikan untuk 8 Kategori
rmol news logo Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2015 akan digelar di Batam 9 Februari mendatang.

Pada momentum tersebut, panitia HPN akan memberikan penghargaan jurnalistik Anugerah Adinegoro untuk delapan kategori. Yaitu berita berkedalaman, berita foto, berita televisi, tajuk rencana, berita radio, karikatur, jurnalisme infotainmen dan jurnalisme siber.

Untuk kategori jurnalisme infotainmen, Dewan Juri yang bersidang kemarin telah memutuskan berita berjudul Politik Pun Bisa Asyik” karya  I Wayan Agus Purnomo dari Koran Tempo meraih Anugerah Jurnalisme Inovasi Hari Pers Nasional (HPN) 2015.

Tulisan yang disiarkan Koran Tempo edisi 21 Maret 2014  tersebut mendapat nilai 690 dari tiga juri Farid Iskandar dari tabloid Cek & Ricek, Sri Mustika dari Universitas Muhammadyah HAMKA dan Dian Sarwono dari majalah gaya hidup Her World.

Tulisan ini membawa pesan dan  menginsipirasi pembaca generasi  muda yang selama ini apatis terhadap politik kini menjadi lebih bergairah mengikuti trend aktivitas politik melalui media sosial dan jurnalisme warga,” kata Farid Iskandar.

Menurutnya, berita tersebut juga tidak mempunyai kendala dalam penyajian dan pemakaian bahasa.

Sri Mustika mengatakan berita ini bisa menyajikan berita politik dengan gaya ringan dan bahasanya juga bagus disertai boks media sosial yang menarik, tema juga sesuai. Tulisan ini menang saya turut senang,” kata mantan wartawan yang menjadi dosen.

Dian Sarwono  menegaskan bahwa tulisan ini menjadi contoh yang baik, membawa trend  pada masanya, saat Indonesia menjelang pemilihan presiden dan gaya penyajiannya santai meskipun topik beritanya masalah politik.

Penghargaan jurnalisme inovasi merupakan salah satu penilaian prestasi jurnalistik yang diberikan setiap tahun dalam rangka Hari Pers Nasional. Kategori lain adalah jurnalisme siber.

Pemenang mendapat hadiah piagam, tropi dan uang tunai sebesar Rp10.000.000,- yang akan disampaikan pada acara puncak HPN 2015 di Batam pada 9 Februari mendatang. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA