Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dialog Katholik-Muslim, Din Syamsuddin Jadi Pembicara di Vatikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 17 November 2014, 14:11 WIB
Dialog Katholik-Muslim, Din Syamsuddin Jadi Pembicara di Vatikan
din-Paus
rmol news logo Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Din Syamsuddin mengunjungi Vatikan pada 11 sampai 13 Nopember 2014 kemarin untuk mengikuti The Third Catholic-Muslim Forum.

Yaitu, sebuah forum dialog antara para tokoh Katholik dan Muslim sedunia yang merupakan kerjasama antara Vatikan dan Gerakan Common Word (kalimatun sawa') yang berpusat di Amman, Jordan.

Hadir 13 tokoh dari pihak Katholik dan pihak Muslim. Dari pihak Katholik antara lain Cardinal Jean-Louis Tauran (President of Pointifical Council of Interreligious Dialogue, Vatican), Father Miguel Ayuso Guixot, Vatican, Mgr. Khaled Akasheh, Biro of Islam, Vatican, Prof. Vincenzo Buonomo, Pontifical Lateran University, Rome, Mgr. Hario Antoniazzi, Archbishop of Tunis.

Sedangkan dari pihak Muslim hadir Prof. Hossein Nasr, ulama/cendekiawan Muslim asal Iran, Prof. Abdullah Scheleifer, Mesir, Prof. Mustafa Ceric, Grand Mufti of Bosnia, Shaikh Naim Ternava, Grand Mufti of Kosovo, Prof. Ali Aref Nayed, Libya, dan Prof. Din Syamsuddin, Indonesia.

Dialog Katholik dan Muslim kali ini mengangkat tema "Working Together to Serve Other" dan membahas subtema tentang "Service of Youth, Enhance Interreligious Dialogue, dan Service of Society" dengan seorang narasumber dari masing-masing pihak.

Din Syamsuddin tampil mewakili Muslim pada sesi ketiga tentang "Working Together to Serve Society" (Kerjasama Melayani Masyarakat).

Dalam makalahnya, Din Syamsuddin membahas perspektif teologis kerjasama antar umat beragama, dan alasan-alasan sosiologis tentang perlunya kerjasama itu dikembangkan dalam rangka mengatasi kerusakan dunia yang bersifat akumulatif, serta bentuk-bentuk kerjasama yang perlu dikembangkan dalam berbagai aspek kebudayaan.

Pada akhir kegiatan, semua peserta diterima oleh Paus Fransiscus di ruang kerjanya di lingkungan Vatikan, dan masing-masing peserta mendapat kenang-kenangan dari Paus Fransiscus.

Bagi Din Syamsuddin ini adalah kali kedua diterima Paus Fransiscus setelah yang pertama pada 2014 kala menghadiri acara lain juga di Vatikan. Dengan Paus Benediktus XVI, Din Syamsuddin sempat bertemu empat kali dalam berbagai konperensi di Italia.

Dalam kunjungan ke Vatikan/Roma kali ini, Din Syamsuddin, yang pada dua tahun lalu memperoleh Anugerah Bintang Italia (The Italian Star) dari Pemerintah Italia, menyempatkan diri bertemu dengan tokoh Italia termasuk Imam Yahya Sergio Fellavicini, tokoh Muslim di Italia, yang juga akan hadir sebagai peserta The 5th World Peace Forum yang dilaksanakan Muhammadiyah dan Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) 20-23 Nopember 2014 di Jakarta.

Catholic-Muslim Forum ini digelar sekali dalam dua tahun mulai tahun 2010. Tahun 2010 forum tersebut dihelat di Vatikan yang dihadiri 21 tokoh dari masing-masing pihak, sedangkan 2012 lalu digelar di Laut Mati, Jordan yang dihadiri 23 tokoh. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA