Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Umat Islam Indonesia Kutuk Serangan Tentara Israel ke Masjid Al Aqsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 15 November 2014, 01:11 WIB
Umat Islam Indonesia Kutuk Serangan Tentara Israel ke Masjid Al Aqsa
rmol news logo Umat Islam Indonesia mengutuk keras penyerangan Masjid Al Aqsa oleh tentara Zionis Israel belum lama ini.

Kecaman dan kutukan tersebut disampaikan dalam aksi solidaritas Satu Asa untuk Aqsa” yang digelar Jumat (14/11) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Dalam aksi yang diikuti ratusan massa tersebut, ASA juga mengajak masyarakat Indonesia peduli sebagai bentuk solidaritas sesama manusia.

Bergabung sejumlah organisasi dan lembaga dalam ASA ini. seperti lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa, Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina (KISPA), Punk Muslim, ASPAC For Palestine, Muhsinin Center, dan World Zakat Forum.

Bahwa sudah menjadi kewajiban kita umat Islam untuk berdiri membela kesucian Masjid Al Aqsa dari tangan-tangan kotor Zionis. Dukungan masyarakat Indonesia, baik moril maupun materiil tentu sangat dibutuhkan masyarakat Palestina,” kata Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini.

Dalam aksi tersebut, ASA juga meminta Pemerintah Indonesia untuk segera melakukan tindakan konkret guna mendukung pembebasan dan kemerdekaan negara Palestina. Sebab, pembukaan konstitusi negara Indonesia dalam Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Seperti diberitakan di berbagai media, Masjid Al Aqsa kini dikuasai oleh tentara zionis Israel. Mereka memasuki kompleks masjid untuk pertama kalinya sejak tahun 1967. Tak hanya masuk, mereka menginjak-injak karpet untuk salat umat muslim dengan sepatu mereka dan merusak ruangan salat serta mimbar khotbah Jumat.

Aksi kepedulian terhadap Palestina tidak hanya kali ini saja dilakukan Dompet Dhuafa. Hal ini dilakukan sebagai respon atas krisis kemanusiaan di mana warga Palestina yang tidak berdosa menjadi korban.

Selama ini, selain menggelar aksi solidaritas, Dompet Dhuafa juga turun langsung menurunkan tim kemanusiaan ke Palestina seperti ke Gaza,” jelas Ahmad yang juga Sekretaris Jenderal World Zakat Forum ini.

Aksi terakhir yang dilakukan Dompet Dhuafa untuk Palestina adalah memberikan bantuan langsung usai Palestina digempur militer zionis Israel Ramadhan lalu. Saat gelaran Idul Adha, Dompet Dhuafa mendistribusikan hewan kurban kepada 2.500 keluarga di Gaza.

Selain itu, Sejak 2010 Dompet Dhuafa telah mendirikan program kemandirian pangan yang disebut Gaza Food Bank. Bergulirnya program Gaza Food Bank ini telah memberikan manfaat kepada warga di jalur Gaza, Palestina. Sekitar 70 Keluarga miskin, janda dan anak yatim rutin mendapat manfaat dari Gaza Food Bank,” imbuh Ahmad.

Gagasan hadirnya Gaza Food Bank dilatarbelakangi terhadap kondisi lumpuhnya sendi-sendi Palestina, terutama jalur Gaza akibat serangan militer zionis Israel yang seakan tidak pernah berhenti. Akibatnya, terjadi embargo di Gaza sehingga suplai logistik pangan terhambat. Hal tersebut telah membuat kehidupan masyarakat Gaza yang berjumlah sekitar 1,5 hingga 1,7 juta jiwa menderita. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA