Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Duet Rini Soemarno dan Arifin Panigoro Kuasai Sektor Migas?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 05 November 2014, 21:25 WIB
Duet Rini Soemarno dan Arifin Panigoro Kuasai Sektor Migas?
arifin panigoro
rmol news logo Posisi direktur utama PT Pertamina sampai detik ini masih diperebutkan berbagai kalangan di internal pemerintahan.

Sejauh ini pertarungan perebutan kursi dirut Pertamina diperkirakan dimenangkan oleh kubu Menteri Negara BUMN Rini Soemarno dan bos Medco Group, Arifin Panigoro.

Kedua tokoh yang memang sejak lama memiliki hubungan dekat dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu tampaknya mulai memperlihatkan keberhasilan dalam menguasai sektor migas.

Indikasinya terlihat sejak kakak kandung Rini, Ari H. Soemarno ditunjuk sebagai Ketua Pokja Energi di tim transisi Joko Widodo. Juga setelah Sudirman Said yang dekat dengan Arifin Panigoro ditunjuk menjadi Menteri ESDM.

Pernyataan Sudirman Said di kantor Pertamina, siang tadi (Rabu, 5/11), misalnya, dikhawatirkan sementara kalangan sebagai tanda-tanda dirinya akan memberikan perlakuan khusus kepada pemain migas yang selama ini dikenal dekat dirinya.

Kata Sudirman, dalam waktu lima tahun ada 20 kontrak karya sektor migas yang akan berakhir. Menurutnya, kontrak karya yang akan habis itu masih bisa diperpanjang. Dia juga mengatakan, kontrak karya itu pun tidak harus diserahkan kepada Pertamina.

Selain Sudirman Said, pejabat sektor migas lain yang dekat dengan kelompok ini adalah Syamsurizal Munaf yang sekarang menjabat sebagai Chief Executive Officer PT Elnusa, anak perusahaan Pertamina. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA