Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jalur Selatan Padat, Sejumlah Jalan Dialihkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 26 Juli 2014, 18:05 WIB
Jalur Selatan Padat, Sejumlah Jalan Dialihkan
rmol
rmol news logo Memasuki H-2 arus mudik jalur selatan Tasikmalaya dipadati kendaraan pemudik. Untuk mengatasi kemacetan panjang, petugas mengalihkan pemudik tujuan Jawa Tengah ke jalan alternatif yakni Jalan Suryalaya yang nantinya menembus Jalan Kawali Ciamis.

Pada hari ini (Sabtu, 26/7), arus kendaraan dari arah Bandung menuju Jawa Tengah dan sebaliknya padat. Seperti yang terjadi di kawasan Cisayong hingga perlintasan kereta api Cibodas, pemudik harus mengurangi kecepatan kendaraannya karena antri masuk perlintasan. Tak pelak kendaraan mengular hingga 10 Km.

Untuk mengurai kemacetan, petugas di wilayah Pamoyanan melakukan sistem buka tutup dengan mengalihkan kendaraan dari arah Bandung menuju Jawa Tengah ke jalan alternatif Suryalaya menuju Panjalu dan masuk ke jalan Kawali, Ciamis.

Kemacetan parah terjadi di flyover Rajapolah akibat adanya pengalihan jalur. Ini lantaran jembatan Cibaruyan, Cihaurbeuti, Ciamis tidak bisa dilewati, petugas mengalihkan jalur mudik ke dalam Kota Tasikmalaya.

Sementara dampak pengalihan jalur dari Rajapolah Polah menuju Kota Tasikmalaya, terjadi kepadatan di beberapa ruas jalan utama. Di Jalan Letnan Harun misalnya, kendaraan mengular hingga 2 Km. Tak hanya itu kepadatan juga terjadi di kawasan Parhon Indihiang. Di tempat ini dari kedua arah ribuan kendaraan merayap pelan, karena volume pemudik membeludak.

Tepat melintasi pertigaan Cisayong kendaraan pemudik kembali harus merayap pelan karena sejumlah kendaraan keluar masuk menuju jalan alternatif.
Kepadatan juga terjadi di perlintasan Kereta Api Cibodas. Di tempat tersebut kendaraan harus antri dan melaju pelan saat roda kendaraan melindas bantalan rel kereta api. Kemacetan di daerah ini diperparah denagan kondisi jalanan yang menyempit dan banyak tikungan tajam.

Diperkirakan kepadatan arus mudik akan terjadi hingga dinihari nanti karena jembatan Cibaruyan, Cihaurbeuti, Ciamis, belum bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat.

Sementara itu untuk mengurangi kemacetan arus mudik di jalur selatan Tasikmalaya berbagai upaya dilakukan aparat kepolisian. Salah satunya dengan memindahkankan jalur mudik ke jalan alternatif. Tapi pemudik yang masuk ke jalan ini diimbau untuk berhati-hati karena kondisi jalannya rusak parah. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA