Pemprov DKI Jakarta Masih Juara Pelayanan Informasi Lewat Teknologi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Rabu, 05 Desember 2012, 19:35 WIB
Pemprov DKI Jakarta Masih Juara Pelayanan Informasi Lewat Teknologi
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta kembali pertahankan Juara I sebagai Pelayanan Informasi melalui teknologi terbaik 2012.

Penerapan e-goverment tersebut sudah berjalan sejak lima tahun lalu di Pemprov DKI Jakarta dan masih meneruskan eksistensi dan komitmennya. Pelayanan informasi DKI melalui teknologi itu bertahan di juara pertama sejak 2010, seperti dilansir Bakohumas Kominfomas.

Kategori website Pelayanan Informasi melalui internet Pemda Kabupaten dan Provinsi terbaik 2012 yakni Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk Kementerian LPNK dan PTN yakni Kementerian Perindustrian, dan untuk BUMN disabet oleh  PT. Pelabuhan Indonesia II.

Pelayanan e-government tersebut melalui situs portal www.jakarta.go.id yang setiap tahun diperkaya dengan data-data tentang Jakarta dari rute jalan sampai data tentang produk hukum. Bukan itu saja, transparansi anggaran serta laporan kerja juga terpublikasi sesuai dengan kebutuhan publik dan aturan yang berlaku.

Kekayaan konten situs Jakarta.go.id bukan hanya data layanan publik sebagai kewajiban pemerintah di era modern, tetapi juga aspirasi warga melalui konten balai warga dan Jakarta Kita yang dikelola secara stimulus dan diintegrasikan ke para SKPD terkait, agar aspirasi masyarakat yang tersampaikan.

Selain merebut juara secara berturut-turut Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) tahun 2010, 2011 dan 2012 , portal Jakarta.go.id juga tercatat pada tahun 2010 sebagai juara ke-3 anugrah dari Perhumas se-Indonesia, Juara 2 dari anugrah warta ekonomi (Government Award dan Smart City Award) dan pada tahun 2012 penghargaan dari wakil presiden RI tentang keterbukaan informasi melalui internet.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta, Sugiyanta, menyambut gembira atas prestasi portal Jakarta.go.id yang berturut-turut mempertahankan juaranya dalam layanan publik, bahkan beberapa penghargaan yang diraihnya khususnya dari wakil presiden.

Ke depan, prestasi ini diminta terus dipertahankan agar lebih bertambah manfaatnya bagi masyarakat luas.

"Perkembangan teknologi sekarang ini begitu pesat, harus terus diikuti, begitu juga tuntutan publik sesuai zamannya," kata Sugiyanta. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA