Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Digadang jadi Mendag, Budi Santoso Bakal jadi Menteri Jalur Karier

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 17 Oktober 2024, 19:08 WIB
Digadang jadi Mendag, Budi Santoso Bakal jadi Menteri Jalur Karier
Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Budi Santoso/Ist
rmol news logo Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Budi Santoso menjadi salah satu nama yang digadang-gadang bakal menjadi menteri kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Budi Santoso dikabarkan bakal mengisi pos Menteri Perdagangan setelah turut dipanggil ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024.

Soal kabar itu, Budi memilih irit bicara dan tidak mau membocorkan posisi apa yang akan ditempatinya kelak.

"Tadi ada arahan dari Pak Prabowo pada prinsipnya nanti saya diminta untuk membantu di pemerintahan beliau. Di mananya (pos kementerian) masih menunggu," ujar Budi.

Jika benar menjadi Menteri Perdagangan, Budi akan menciptakan catatn tersendiri.

Dia merupakan menteri pertama di Kemendag yang berasal dari jalur karier.

Budi pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri pada Desember 2022-Agustus 2024. Kemudian, pada September 2020-Desember 2022 dirinya menjabat sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei dan pernah menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan pada Juni 2020-September 2020.

Pada tahun 2010, Budi menduduki jabatan sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan dirinya dipromosikan menjadi Atase Perdagangan India.

Soal kekayaan, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2023, Budi tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp6,86 miliar.

Laporan ini mengacu pada saat dirinya masih menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA