Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Bawah Kendali Parpol, Kerja DPR Baru Bisa Tak Efektif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 03 Oktober 2024, 11:11 WIB
Di Bawah Kendali Parpol, Kerja DPR Baru Bisa Tak Efektif
Ilustrasi/Net
rmol news logo Anggota DPR dan DPD RI yang baru  dilantik, dinilai memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni serta cukup berkualitas.

Namun Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, menaruh kekhawatiran, kualitas tersebut tidak akan memberi dampak signifikan terhadap kinerja legislatif, karena kuatnya subordinasi politik yang mengikat mereka.

"Anggota DPR berada dalam kendali ketat partai politik, sementara partai-partai itu sendiri juga berada di bawah pengaruh kekuasaan eksekutif," kata Andi kepada RMOL, Kamis (3/10).

Dengan demikian, perilaku anggota DPR dalam menjalankan peran dan fungsi legislatif sangat dipengaruhi oleh desain dan kehendak pemegang kekuasaan, dalam hal ini Istana.

Dalam konteks demokrasi, analis politik Universitas Nasional itu menilai lemahnya posisi DPR terhadap eksekutif membuat proses check and balance sulit dilakukan.

Situasi ini pun ditakutkan dapat mengarah pada model politik seperti era Orde Baru, di mana dominasi eksekutif atas legislatif lebih terasa, dan independensi DPR menjadi terbatas.

"Ini menjadi tantangan utama bagi DPR baru dalam memperjuangkan kepentingan rakyat," pungkas Andi Yusran.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA