Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU dan Bawaslu Tapsel Dilaporkan ke DKPP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 17 September 2024, 20:29 WIB
KPU dan Bawaslu Tapsel Dilaporkan ke DKPP
Irwansyah Nasution di Kantor Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)/Ist
rmol news logo Anggota DPRD Tapanuli Selatan, Armen Sanusi Harahap dan Muba Hutagalung resmi melaporkan KPU RI, KPU Sumut dan KPU Tapsel serta Bawaslu Tapsel ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Armen melalui kuasa hukumnya dari Law Office and Advokat Irwansyah Nasution and Partners, Irwansyah Putra Nasution saat dikonfirmasi awak media membenarkan laporan tersebut.

"Ya benar, Pak Armen ada buat laporan ke DKPP perihal dugaan pelanggaran etik oleh penyelenggara," katanya.

Ia menjelaskan pelaporan tersebut ada dua dan tercatat dalam tanda terima dokumen pengaduan atau laporan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu Nomor : 498/01-13/SET-02/IX/2024, tertanggal 13 September 2024 dengan Pelapor Armen Sanuso Harahap dan Laporan Nomor : 499/02-13/SET-02/IX/2024 tertanggal 13 September 2024 dengan Pelapor Muba Hutagalung.

Kedua laporan berbeda. Yang satu perihal penghentian laporan oleh Bawaslu Tapsel dan satunya lagi perihal pergantian pasangan calon perseorangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dolly Putra Parlindungan Pasaribu - Ahmad Bukhori menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Dolly Putra Parlindungan Pasaribu - Parulian Nasution di Pilkada Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Irwansyah yang akrab disapa Ibey menambahkan dugaan pelanggaran etik sangat kuat dilakukan penyelenggara baik KPU dan Bawaslu.

"Kami sudah jelaskan pelanggaran apa saja, barang bukti dan petunjuk juga sudah kami serahkan. Tinggal nunggu proses pemeriksaan dan sidang aja," ucapnya.

Sebelumnya, Armen Sanusi Harahap beserta kuasa hukumnya juga melaporkan KPU sejajaran ke Bawaslu RI perihal pergantian pasangan calon atau calon perseorangan di Pilkada Tapanuli Selatan oleh KPU Tapsel.

Diduga ada pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh KPU dengan mengijinkan pergantian, Selasa, (17/9).

Untuk pelapor dan saksi sudah dilakukan klarifikasi, barang bukti juga sudah diberikan. Informasi yang didapatkan Bawaslu Tapsel hari ini memeriksa KPU Sumut.

"Tapi tidak terlaksana infonya. Gak tau alasan KPU Sumut gak datang pemeriksaan oleh Bawaslu Tapsel," beber Ibey.

Tim kuasa hukum pun berharap laporan yang di DKPP dan Bawaslu bisa menjawab semua persoalan dengan memberikan hukum yang berkeadilan. Tutupnya.

Pilkada di Tapanuli Selatan diikuti oleh Bakal Pasangan Calon yang mendaftar ke KPU Tapanuli Selatan yakni Calon Bupati dan Wakil Bupati Gus Irawan Pasaribu - Jafar Syahbuddin Ritonga dan dari Pasangan Calon Perseorangan calon Bupati dan Wakil Bupati Dolly Putra Parlindungan Pasaribu - Parulian Nasution. Untuk penetapan pasangan calon dijadwalkan KPU Tapsel 22 September 2024.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA