Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagi AHY, Bahaya Jika Politisi Jauh dari Akademik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yudhistira-wicaksono-1'>YUDHISTIRA WICAKSONO</a>
LAPORAN: YUDHISTIRA WICAKSONO
  • Kamis, 12 September 2024, 18:12 WIB
Bagi AHY, Bahaya Jika Politisi Jauh dari Akademik
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono/RMOL
rmol news logo Hubungan erat antara akademisi dan politisi sangat penting untuk merumuskan kebijakan yang rasional dan berbasis data. 

Hal ini disampaikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) setelah menyelesaikan ujian tertutup doktoral di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Kamis siang (12/9). 

AHY menegaskan akan terus menjaga kedekatan dengan dunia akademik. Sebab menurutnya, politisi perlu terlibat aktif dalam dunia akademisi agar kebijakan yang dibuat berlandaskan data dan sains. 

"Jika politisi jauh dari akademisi, kebijakan yang dihasilkan cenderung kurang rasional dan tidak berbasis data," ujarnya. 

Sebaliknya, lanjut AHY, akademisi yang tidak menjalin hubungan dengan politisi cenderung terjebak dalam wacana tanpa realisasi kebijakan. 

"Akademisi harus mampu mengubah ide-ide menjadi kebijakan yang relevan dan bisa diterapkan dalam pemerintahan," pungkasnya.

AHY berhasil menyelesaikan ujian tertutup doktoralnya tentang kepemimpinan transformasional dan orkestrasi sumber daya manusia (SDM) untuk mencapai Indonesia Emas 2045, selama 3 jam dengan nilai memuaskan 97,5.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA