Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka IISF 2024, Jokowi: Perubahan Iklim Tidak Tertangani jika Dunia Terlalu Egois

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 05 September 2024, 13:15 WIB
Buka IISF 2024, Jokowi: Perubahan Iklim Tidak Tertangani jika Dunia Terlalu Egois
Presiden Joko Widodo membuka Indonesia International Sustainability Forum (IISF) Tahun 2024 di Jakarta/Ist
rmol news logo Indonesia International Sustainability Forum (IISF) Tahun 2024 resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (5/9).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya pendekatan kolaboratif dan kemanusiaan dalam penanganan perubahan iklim dunia.

“Permasalahan perubahan iklim ini tidak akan pernah bisa terselesaikan selama dunia menggunakan pendekatan ekonomi, menghitung keuntungan sendiri, dan selama dunia hanya mementingkan egosentrisnya sendiri-sendiri,” kata Presiden Joko Widodo.

Ia menambahkan, upaya penyelesaian penanganan perubahan iklim membutuhkan pendekatan kolaboratif, berperikemanusiaan, serta pendekatan kemanusiaan agar prosesnya tidak mengorbankan kepentingan rakyat kecil.

“Ekonomi hijau bukan hanya tentang perlindungan lingkungan, tapi juga tentang bagaimana menciptakan kesejahteraan bagi rakyat, kesejahteraan yang berkelanjutan bagi rakyat,” tegasnya.

Presiden juga meminta agar dunia tidak meragukan komitmen Indonesia dalam mencapai net zero emission serta kontribusi bagi dunia yang lebih hijau.

“Indonesia memiliki potensi energi hijau yang melimpah, mencapai lebih dari 3.600 gigawatt. Kami juga memiliki PLTS, PLTS apung, pembangkit listrik tenaga surya apung di Waduk Cirata dengan kapasitas 192 megawatt peak, terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia,” demikian kata Presiden. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA