Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPRD Jabar Terpilih akan Dilantik di Gedung Merdeka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 29 Agustus 2024, 10:44 WIB
DPRD Jabar Terpilih akan Dilantik di Gedung Merdeka
Gedung Merdeka, Kota Bandung/Net
rmol news logo Anggota DPRD Jawa Barat 2024-2029 akan dilantik di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Bandung, pada Senin mendatang (2/9).
HUT 79 RI

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris DPRD Jabar sekaligus Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Perundang-Undangan, Iis Rostiasih mengatakan, persiapan pelantikan dewan baru periode 2024-2029 sudah 80 persen.

“Kami (Sekretariat DPRD Jabar) telah siap 80 persen, dan semua persiapan sejauh ini sudah terakomodasi dengan baik. Sisanya, 20 persen diharapkan akan berjalan lancar hingga hari pelantikan,” kata Iis Rostiasih dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (29/8).

Iis menjelaskan, alasan pelantikan di Gedung Merdeka lantaran lokasi tersebut merupakan tempat bersejarah yang sangat representative. Selain itu, karena mengikuti pelantikan periode sebelumnya yang dilaksanakan di Gedung Merdeka.

Terkait tata cara pelantikan, lanjut Iis, dilakukan dalam rapat paripurna yang di dalamnya mencakup pengambilan sumpah jabatan. 

Rapat paripurna yang dilakukan sesuai dengan ketentuan berdasarkan ketetapan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Untuk rangkaian awal acara pelantikan, pertama terdapat acara Paturay Tineung atau pertemuan sekaligus perpisahan para Anggota DPRD Jabar periode 2019-2024 dilakukan di malam harinya sebelum pelantikan.

“Kemudian besoknya sebelum pelantikan, ada acara historical walk titik awal di Hotel Savoy Homan," kata Iis. 

Prosesi dimana para pimpinan DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 dan Penjabat (Pj) Gubernur Jabar serta Forkompinda, tamu VVIP lainnya berjalan kaki dari titik awal menuju Gedung Merdeka.

Sementara Anggota DPRD Jabar periode 2024-2029 akan menggunakan kendaraan Bandung Tour On Bus atau Bandros dari titik Hotel Preanger ke Gedung Merdeka mendahului acara historical walk.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.