Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Pilkada Tangerang 2024

Maesyal-Intan Ungguli Romli-Irvansah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 22 Agustus 2024, 00:57 WIB
Maesyal-Intan Ungguli Romli-Irvansah
Moch. Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah kandidat calon Bupati Tangerang pada Pilkada Kabupaten Tangerang 2024/Ist
rmol news logo Empat lembaga survei telah merilis hasil survei terbaru calon Bupati Tangerang untuk Pemilihan Bupati (Pilbup) Tangerang 2024. 
HUT 79 RI

Dua nama yang dianggap paling kuat dalam kontestasi ini adalah Moch. Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah dan Mad Romli-Irvansah.

Empat lembaga survei yang merilis hasil tersebut adalah Lembaga Survei Indonesia (LSI), Indikator Politik Indonesia, dan Survei Pandawa Research serta Survey Arus Survey Indonesia (ASI). 

Survei LSI melaporkan dua kandidat nampak paling menonjol dan konsisten ada di urutan teratas yakni Maesyal Rasyid dan Mad Romli, selisih dukungan keduanya tidak signifikan saat ini. Di simulasi head to head, Maesyal Rasyid 40,6 persen dan Mad Romli 37,5 persen.

Survei dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Maesyal Rasyid memperoleh sebutan terbanyak dari masyarakat. 

Simulasi top of mind ini adalah simulasi untuk mengukur loyalitas dan spontanitas responden dalam menjawab siapa calon yang mereka pilih ketika survei dilakukan. 

Maesyal Rasyid tetap unggul dengan persentase 22,3 persen, diikuti oleh Mad Romli dengan 13,6 persen, sementara nama-nama lainnya memiliki persentase lebih rendah. Sebanyak 53,9 persen responden belum membuat keputusan.

Pandawa Research menunjukkan bahwa Maesyal Rasyid berada di posisi teratas dengan dukungan sebesar 33,4 persen, dan pendukung kuat (strong supporters) sebesar 21,0 persen, serta tingkat pengenalan sebesar 66,1 persen. 

Sedangkan Mad Romli berada di posisi kedua dengan dukungan sebesar 24,3 persen, memiliki pendukung kuat sebesar 11,7 persen, dan tingkat pengenalan sebesar 76,4 persen.

Survei Arus Survey Indonesia (ASI) menyatakan terkait elektabilitas dua nama calon Bupati Tangerang, Maesyal Rasyid 42,2 persen menduduki di urutan pertama, disusul 
Mad Romli 33,2 persen. Sementara yang tidak tahu/tidak jawab 24,7 persen.

Survei ini dilakukan dengan metode wawancara tatap muka terhadap 4.560 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Survei dilaksanakan pada 28 Juli 2024 hingga 3 Agustus 2024 

Sampel berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang yang terdistribusi secara proporsional dan sampel sebanyak 400 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error)±5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Diketahui, partai-partai pendukung Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah terdiri dari Gerindra, PKS, NasDem, PKB, dan PAN. rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA