Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BPIP Bikin Gaduh Lagi

HNW: Paskibraka Berjilbab Tidak Bertentangan dengan Pancasila!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 14 Agustus 2024, 12:29 WIB
HNW: Paskibraka Berjilbab Tidak Bertentangan dengan Pancasila<i>!</i>
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid/Ist
rmol news logo Kabar Paskibraka perempuan yang diwajibkan mencopot hijab saat bertugas di HUT ke-79 RI, di IKN Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyedot perhatian publik.

Diketahui salah satu delegasi Paskibraka dari Aceh sebelumnya mengenakan jilbab. Namun setelah tiba di IKN mereka harus mencopot penutup aurat tersebut.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) disebut-sebut bertanggung jawab atas hal ini. Kebijakan ini pun dikritik keras Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid.

"Bila benar, maka BPIP bikin gaduh lagi," kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu melalui akun X resminya, Rabu (14/8).

Larangan yang muncul ini dianggap sebagai langkah mundur dalam penghormatan terhadap kebebasan individu dalam menjalankan keyakinan agamanya.

Sebelumnya, penggunaan jilbab bagi anggota Paskibraka perempuan diperbolehkan. Larangan  ini pun menambah panjang daftar kebijakan kontroversial BPIP 

"Berjilbab oleh Paskibraka itu tidak bertentangan dengan Pancasila, sebelum ini diizinkan. Agar BPIP amalkan Pancasila dengan segera cabut larangan itu," tegas HNW akrab disapa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA