Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amien Rais Ingatkan Muhammadiyah, Pertambangan Pasti Merusak Lingkungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 29 Juli 2024, 02:45 WIB
Amien Rais Ingatkan Muhammadiyah, Pertambangan Pasti Merusak Lingkungan
Tangkap layar mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Amien Rais/RMOL
rmol news logo Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais menanggapi pernyataan Pengurus PP Muhammadiyah, Anwar Abbas yang menyebutkan Muhammadiyah akan menjadi pemain tambang yang tidak akan merusak lingkungan.

Amien yang merupakan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah menilai pernyataan Anwar Abbas adalah celotehan yang menghina akal sehat. 

"Pertambangan di mana saja pasti merusak lingkungan sampai tahapan menghancurkan lingkungan hidup yang tidak akan bisa dipulihkan Kembali," kata Amien dalam video yang diunggah di kanal YouTube Amien Rais Official berjudul "Muhammadiyah, Beristighfarlah" yang dikutip redaksi, Senin (29/7).

"Apalagi dunia pertambangan itu dunia yang ganas, dan para pemainnya sebagian adalah bandit-bandit tanpa moral," sambungnya.

Amien mendorong PP Muhammadiyah segera menggelar sidang tanwir terkait keputusan menerima konsesi izin usaha pertambangan atau izin tambang tawaran pemerintahan Presiden Joko Widodo

"Undang seluruh ketua dan ketua otonom, saya yakin setelah sidang tanwir, akan dicabut kembali penerimaan Muhammadiyah terhadap pertambangan itu," kata Amien.

Kesepakatan PP Muhammadiyah menerima konsesi izin usaha pertambangan diambil dalam Rapat Konsolidasi Nasional yang digelar di Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (28/7).

"Memutuskan bahwa siap mengelola izin pertambangan sesuai dengan peraturan pemerintah," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam konferensi pers.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA