Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA JAKARTA 2024

Relawan Anies Baswedan Waspadai Serangan Fajar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 28 Juli 2024, 13:49 WIB
Relawan Anies Baswedan Waspadai Serangan Fajar
Relawan Warga Kota menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Relawan untuk menguatkan gerakan Kawal TPS (Tempat Pemungutan Suara) saat coblosan pada 27 November 2024/Ist
rmol news logo Gerakan kawal TPS adalah gerakan orang-orang yang mendapat surat mandat dari tim kampanye pasangan calon gubernur Anies Baswedan yang berdomisili di TPS tempat tinggal dan mempunyai tugas untuk melakukan pengawasan.

Demikian dikatakan Kepala Pokja Kawal TPS Andi Syahputra saat memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Relawan untuk menguatkan gerakan Kawal TPS (Tempat Pemungutan Suara) saat coblosan pada 27 November 2024 mendatang yang digelar Para relawan Warga Kota.

Andi mengatakan, tugas mereka untuk memastikan jalannya proses pemungutan dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara, Kelurahan, hingga Kecamatan. 

“Kita harus pastikan bahwa semua proses tersebut berlangsung secara baik dan benar,” kata Andi dalam keterangannya, Minggu (28/7).

Menurut Andi, pihaknya memiliki kriteria tersendiri dalam memilih anggota Kawal TPS. 

“Selain berdomisili di lokasi TPS berada, mereka harus mengikuti bimtek yang diselenggarakan oleh Tim Pemenangan Anies Baswedan dan mempunyai surat mandat/kartu tanda pengenal,” kata Andi. 

Kawal TPS tidak mulai bekerja pada hari-H pencoblosan. Melainkan H-7. 

“Hal ini dilakukan untuk melakukan pemantauan terhadap praktik money politic, serangan fajar,  pemantauan terhadap kinerja petugas TPS/KPPS hingga membuat laporan berita acara proses pemungutan dan perhitungan suara berlangsung,” kata Andi.

Andi menargetkan, setiap TPS akan digawangi oleh 2-4 relawan aktif yang didukung dengan 10-20 relawan tidak aktif. 

“Aktif dalam pengertian ini adalah melakukan pemantauan dan pelaporan selama proses pemungutan dan perhitungan suara berlangsung,” kata Andi.

Andi yakin Kawal TPS bakal solid mengawal suara Anies Baswedan. 

Kata Andi, soliditas dan kolaborasi di antara simpul-simpul relawan Anies Baswedan telah terbentuk dalam rangka menyambut kemenangan Anies Baswedan sebagai Gubernur Jakarta periode 2024-2029. 

"Hal ini memberi makna bahwa kemenangan mesti diperoleh dengan cara melakukan pengamanan atas suara-suara yang masuk di TPS hingga akhir,” demikian Andi. rmol news logo article 


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA