Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airin Miliki Magnet Elektoral Bangun Koalisi Pilgub Banten

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 04 Juli 2024, 11:57 WIB
Airin Miliki Magnet Elektoral Bangun Koalisi Pilgub Banten
Mantan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) dua periode, Airin Rachmi Diany/RMOL
rmol news logo Bakal Cagub Partai Golkar Airin Rachmi Diany diperkirakan tidak sulit membentuk koalisi dengan partai lainnya menghadapi Pilgub Banten 2024.

Direktur Eksekutif Citra Institute Yusak Farchan memandang, modal maju Pilgub Banten telah dimiliki Airin dari segi elektoral.

"Figur Airin sebenarnya memiliki magnet elektoral bagi partai lain untuk bergabung," ujar Yusak kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (4/7).

Yusak menjelaskan, saat ini Golkar belum mendapatkan koalisi, padahal partai-partai lain sudah membentuk koalisi dan memunculkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Meski begitu, Yusak menilai munculnya koalisi besar penantang Airin bukan jadi masalah. Karena, mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu memiliki basis suara yang kuat.

"Selain punya kecakapan kepemimpinan publik dalam membangun Tangerang Selatan, Airin juga merepresentasikan kepemimpinan perempuan di eksekutif," kata dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pamulang (FISIP UNPAM) itu.

"Airin punya peluang menang karena ditopang dengan modal ketokohan individu yang cukup kuat. Makanya cenderung dikunci oleh kompetitornya," demikian Yusak menambakan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA