Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menguat Kabar PAN akan Majukan Kongres Tahun 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 27 Juni 2024, 21:08 WIB
Menguat Kabar PAN akan Majukan Kongres Tahun 2024
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) yang seharusnya digelar tahun 2025 dikabarkan bakal dimajukan bulan Agustus 2024.

Kabar dimajukannya Kongres PAN menguat jelang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan digelar di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6).

Terlebih, dikatakan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, salah satu agenda Rakernas adalah mengubah AD/ART terkait kongres.

"Kita akan membahas tentang beberapa revisi peraturan partai, jadi di depan ini tetap membangun proses demokrasi di internal sebagai salah satu syarat dari partai modern," kata Viva Yoga Mauladi, Kamis (27/6).

Revisi AD/ART disebut-sebut menjadi pintu terlaksananya Kongres PAN Agustus 2024.

Di dalam AD/ART diatur bahwa kongres dilaksanakan sekali dalam lima tahun. Sedangkan, kongres terakhir PAN digelar pada Februari 2020. Artinya, kongres seharusnya digelar pada 2025.

Kabar dimajukannya kongres santer jadi perbincangan internal partai politik berlambang matahari.

Terlebih, 38 DPW PAN sudah deklarasi menyatakan dukungan kepada Zulkifli Hasan untuk kembali menjadi ketua umum.

"Kongres memang dimajukan, sudah kemufakatan untuk konsolidasi dengan dimajukan tahun ini," ujar seorang pejabat teras PAN kepada RMOL baru-baru ini.

Sumber lain malah meyakinkan kongres dimajukan untuk bisa menetapkan kembali Zulhas sebagai ketua umum, sekaligus merombak struktur kepengurusan DPP.

Setelah AD/ART terkait waktu pelaksanaan kongres diubah, maka bisa dipastikan kongres bisa dilaksanakan tahun ini. Namun timbul pertanyaan siapa yang paling berkepentingan dengan dimajukannya kongres.

Yang pasti, benar atau tidak kongres PAN dimajukan tahun ini masih harus menunggu kesepakatan perubahan AD/ART pada Rakernas lusa.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA