Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilgub Sumsel 2024

Survei LSI: Herman Deru Unggul di Atas 50 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 26 Mei 2024, 04:24 WIB
Survei LSI: Herman Deru Unggul di Atas 50 Persen
Bacagub Sumsel, Herman Deru/RMOLSumsel
rmol news logo Bakal Calon Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. unggul dominan berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumsel yang bakal digelar November mendatang.

"Hasil survei kami, Cagub Sumsel Herman Deru unggul di atas 50 persen dari calon lainnya," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, diwartakan Kantor Berita RMOLSumsel, Sabtu (25/5).

Menurutnya, elektabilitas Herman Deru tertinggi dalam simulasi semi terbuka atau banyak nama. Dia mengungguli tokoh lainnya yang muncul dalam survei.

"Siapapun lawannya, Herman Deru masih unggul di atas 50 persen," ungkapnya.

Dia mengatakan, faktor yang membuat tingginya elektabilitas Herman Deru seperti popularitas yang tinggi dan kepuasan masyarakat saat dirinya menjabat Gubernur 2013-2018 lalu.

Djayadi menuturkan, satu-satunya yang bisa mengganggu tingkat keterpilihan Herman Deru yakni tidak mengikuti konstelasi Pilgub Sumsel. Menurutnya, jika nama Herman Deru tidak masuk Pilgub Sumsel, calon lainnya akan bersaing ketat.

"Selisih antarcalon hanya sekitar 1-2 persen saja jika Herman Deru tidak ikut Pilgub Sumsel," bebernya.

Menurutnya, hasil survei tersebut bisa saja berubah. Namun, dengan waktu yang sudah dekat serta jarak hasil survei yang dominan sulit untuk dikejar oleh calon lainnya.

"Bisa saja berubah tapi jarak yang dominan tidak mudah karena tinggal lima bulan lagi, lain kalau masih tersisa dua tahun ada perubahan drastis," ucapnya.

Survei LSI tersebut dilakukan pada 10 hingga 20 Mei 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang di 17 kabupaten/kota di Sumsel. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error lebih-kurang 2,9 persen. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA