Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wujudkan Jakarta Kota Global Harus Diimbangi Investasi SDM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 10 Mei 2024, 10:29 WIB
Wujudkan Jakarta Kota Global Harus Diimbangi Investasi SDM
Senator Jakarta, Fahira Fahmi Idris/Ist
rmol news logo Setelah melepas status ibukota, Jakarta bertransformasi sebagai kota global. Untuk itu diperlukan upaya ekstra agar setara dengan kota global lain di dunia.

Menurut anggota DPD, Fahira Idris, ada empat parameter utama untuk mengukur kota global, yakni aktivitas bisnis, sumber daya manusia, pertukaran informasi, dan pengalaman kebudayaan.

"Investasi besar-besaran SDM atau peningkatan kualitas manusia menjadi tantangan sekaligus peluang, jika ingin bertransformasi menjadi kota global sebagaimana amanat UU DKJ," katanya, lewat keterangan resminya, di Jakarta, Jumat (10/5).

Senator Jakarta itu juga berpendapat, sebuah kota dikatakan berskala global jika memiliki kemampuan menggerakkan modal, ide, gagasan, dan keterlibatan politik sebagai katalis untuk pertumbuhan ekonomi.

Menurut Fahira, investasi besar-besaran pada SDM lokal merupakan jalan yang harus ditempuh Jakarta, terutama dalam pendidikan tinggi, inovasi, dan kewirausahaan.

"Program-program pendidikan yang berorientasi pada industri dan dukungan untuk startup serta bisnis kecil akan menghasilkan banyak SDM yang beragam dan inovatif,” pungkas Fahira.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA