Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerugian Korupsi Timah Rp271 T Juga Soal Lingkungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 08 Mei 2024, 19:34 WIB
Kerugian Korupsi Timah Rp271 T Juga Soal Lingkungan
Ketua Umum HMI Babel, Asep Muldani/Net
rmol news logo Heboh kerugian negara dalam korupsi timah sebesar Rp271 triliun menjadi tema besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) saat menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Ketua Umum HMI Babel, Asep Muldani mengatakan tema "Era Baru Tata Kelola ESDM (Timah) Pasca Rp271 T" sengaja diambil agar masyarakat Babel tahu fakta yang terjadi.

"Karena sekarang ini kan gembar-gembor dan kebanyakan orang menganggap bahwa Rp271 triliun itu berupa uang, padahal itu adalah sebuah tafsiran terkait dengan kerugian lingkungan hidup," ujar Asep Muldani dalam keterangan tertulis, Rabu (8/5).

Kata Asep, kerugian memang benar terjadi. Namun jumlah kerugian dalam kasus korupsi tidak mencapai sebesar Rp271 triliun.

Tidak hanya itu, lanjutnya, dengan tema ini juga peserta yang hadir tahu bahwa ada regulasi-regulasi yang harus dilakukan atau diperbaiki lagi.

"Sehingga isu ini terkait kerisauan kita dan kegelisahan kami terkait dengan sebenarnya bagaimana tata kelola timah di Babel itu berjalan," katanya.

Asep juga menilai jika kesejahteraan masyarakat Babel memang bergantung dari timah, hal ini dapat dilihat dari kondisi timah apakah sedang kuat atau lemah.

"Terlebih masyarakat kita itu dikenal dengan royalnya tingkat belanjanya cukup tinggi, namun itu tergantung dari kondisi timah, jika harga timah turun maka daya beli juga turun," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA