Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang PHPU di MK, Bawaslu Kumpulkan Data Dugaan Pelanggaran yang Libatkan Penyelenggara Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 21 Maret 2024, 20:26 WIB
Jelang PHPU di MK, Bawaslu Kumpulkan Data Dugaan Pelanggaran yang Libatkan Penyelenggara Pemilu
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja/RMOL
rmol news logo Jelang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengumpulkan data dugaan pelanggaran.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menerangkan, jajarannya di tingkat pusat hingga daerah masih terus bekerja untuk mencatat dugaan pelanggaran yang ditemukan dari pengawasan atau laporan-laporan.

"Sekarang kami menyiapkan teman-teman untuk data penanganan pelanggaran," ujar Bagja kepada wartawan, Kamis (21/3).

Dia menjelaskan, beberapa penanganan pelanggaran yang dikumpulkan dan telah masuk antara lain terkait tahapan pencoblosan dan penghitungan suara.

"Data terkait dengan hasil pengawasan pada hari-H dan juga pada hari sebelum, selama, dan sesudah pemungutan dan penghitungan suara," sambungnya mengurai.

Bahkan, Anggota Bawaslu RI dua periode itu menyebutkan data penanganan pelanggaran yang turut dikumpulkan untuk menghadapi PHPU di MK.

"Kemudian juga ada yang kemudian penanganan pelanggaran yang berkaitan dengan permasalahan di rekapitulasi kemarin, yang kemudian diindikasikan melibatkan penyelenggara," ucapnya.

"Misalnya, itu juga kita sedang usut untuk kita telusuri, untuk ditindaklanjuti," demikian Bagja menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA