Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menag Tegaskan Anggaran Isbat Sepadan dengan Upaya Mendamaikan Umat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 18 Maret 2024, 19:42 WIB
Menag Tegaskan Anggaran Isbat Sepadan dengan Upaya Mendamaikan Umat
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/3)/RMOL
rmol news logo Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menjawab kritikan terkait penyelenggaraan Sidang Isbat yang menelan anggaran negara yang tidak sedikit.

Menurutnya, besarnya anggaran negara untuk Sidang Isbat menentukan awal Ramadan, Syawal, hingga Dzulhijjah itu masih worth it atau sepadan dengan upaya mendamaikan perbedaan yang ada Indonesia. Sebab, mendamaikan segala macam perbedaan itu sangatlah mahal harganya.

“Soal konsekuensi anggaran seberapa besar sih yang digunakan untuk Sidang Isbat? Kalau dikatakan besar, disebut nilainya nggak? Apalah itu nilai yang dikeluarkan dalam Sidang Isbat," kata Gus Yaqut kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/3).

"Itu worth it atau tidak sih dengan usaha untuk memperdamaikan perbedaan yang ada? Tidak menyamakan loh ya, memperdamaikan perbedaan-perbedaan yang mungkin muncul, menurut saya worth it,” tambahnya menegaskan.  

Yaqut menuturkan, Sidang Isbat sangat bagus untuk mendamaikan segala perbedaan ikhtilaf satu kelompok dengan kelompok lainnya di Indonesia.

“Karena kita tahu kita ini, majemuk, negara kita ini majemuk dan pilihan-pilihan ekspresi keagamaan pun macem-macem, maka ada Sidang Isbat sebagai salah satu cara untuk menengahi segala perbedaan yang terjadi, dan itu bagus,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA