Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DIY Provinsi Pertama yang Direkap KPU Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 09 Maret 2024, 11:34 WIB
DIY Provinsi Pertama yang Direkap KPU Hari Ini
Ketua KPU RI, Hasyim Asyari/RMOL
rmol news logo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi provinsi pertama yang dibahas dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional untuk wilayah provinsi.

Pleno dibuka langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asyari di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu pagi (9/3). Hadir pula para saksi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) serta partai politik (parpol) Pemilu 2024.

"Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional untuk Pemilu 2024 skors dinyatakan dicabut," ujar Hasyim.

Dari empat provinsi yang rencananya akan dilakukan rekap nasional, DIY dibahas pertama.

"Teman-teman KPU Provinsi yang sudah hadir di sini KPU Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Daerah Istimewa Yogyakarta," ucapnya.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, rapat pleno yang digelar hari ini merupakan kelanjutan dari proses rekap sebelumnya untuk daerah pemilihan luar negeri.

Di mana, terdapat 127 wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang telah selesai dilakukan rekapitulasi di tingkat nasional oleh KPU RI.

Saat membuka rapat pleno rekap suara provinsi tingkat nasional, Hasyim mengajak seluruh yang hadir untuk memanjatkan doa terlebih dahulu.

"Kita lanjutkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Daerah Istimewa Yogyakarta," demikian Hasyim menambahkan.

Saat ini, tengah berlangsung pembacaan kejadian khusus dalam proses penghitungan suara berjenjang di wilayah DIY, baik untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) maupun pemilihan legislatif (pileg).

Setelah itu, terlebih dahulu KPU DIY akan membacakan perolehan suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

Kemudian, dilanjutkan pembacaan perolehan suara calon anggota legislatif (caleg) dari 18 partai politik (parpol) untuk pileg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD RI. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA