Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Idulfitri Muhammadiyah dan Pemerintah Diprediksi Sama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 04 Maret 2024, 12:10 WIB
Idulfitri Muhammadiyah dan Pemerintah Diprediksi Sama
Ilustrasi Salat Idul Fitri/Net
rmol news logo Pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah diprediksi serempak, antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, mengatakan, pihaknya telah menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1445 H jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024, dan Idulfitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

"Insya Allah Idulfitri bareng. Posisi hilal saat akhir Ramadan sudah di atas 8 derajat. Dengan posisi seperti itu, hilal sudah bisa dilihat jelas," katanya, saat menyampaikan ceramah dalam acara Tarhib Ramadan dan Milad ke-3 Masjid Al Birru, di Desa Mindahan Kidul, Batealit, Jepara, dikutip Senin (4/3).

Mu'ti yang dikenal humoris itu pun berkelakar, karena Lebaran antara pemerintah dan Muhammadiyah berbarengan, sehingga sidang Isbat penetapan Idulfitri nanti tidak perlu digelar.

"Jadi tidak perlu sidang Isbat, sehingga hemat anggaran,” jelasnya.

Di sisi lain, pemerintah hingga saat ini juga belum menetapkan 1 Ramadan 1445 H. Nantinya penetapan akan disampaikan dalam sidang Isbat.

Melansir laman Kementerian Agama, pemerintah akan menggelar sidang Isbat penetapan awal Ramadan 1445H pada 10 Maret 2024 pukul 17.00 WIB.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA