Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Respons soal FPI dan HTI, Anies Janji Tak Asal Bubarkan Organisasi Sewenang-wenang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 29 Januari 2024, 11:21 WIB
Respons soal FPI dan HTI, Anies Janji Tak Asal Bubarkan Organisasi Sewenang-wenang
Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan/Ist
rmol news logo Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan berjanji jika terpilih menjadi pemimpin selanjutnya tidak akan membubarkan organisasi dengan sewenang-wenang.

Hal ini disampaikan Anies saat menjawab mengenai normalisasi organisasi FPI dan HTI pada acara diskusi bertajuk "Ngajabarkeun Abah Anies" di Hotel Papandayan, Bandung, Minggu (28/1).

Anies menegaskan bahwa Indonesia adalah negara hukum, sehingga tidak dapat melarang warganya berserikat, berkumpul dan berkegiatan.

Namun bila organisasi atau perkumpulan tersebut melakukan perbuatan yang melanggar maka hukum akan mengambil tindakan untuk mendisiplinkan.

"Jadi bila kemudian organisasi yang melakukan tindakan melawan hukum maka hukum akan berlaku pada organisasi itu, apapun organisasinya dan dibuktikan di pengadilan," kata Anies lewat cuplikan video yang dikutip redaksi.

Mengenai FPI dan HTI yang sudah dibubarkan pemerintah, Anies mengatakan bahwa keputusan tersebut harus dihormati meskipun ada pro dan kontra.

"Ketika saya bertugas sebagai Presiden, saya tidak akan membubarkan, saya akan membawa ke pengadilan minta pengadilan membubarkan, bila melakukan pelanggaran hukum," tegas Anies.

"Kenapa? karena kami menghormati institusi pengadilan, yang kejadian sudah tapi ke depan kita hormati pengadilan dan di situlah negara demokrasi," pungkasnya.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA