Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Janji Buat Regulasi untuk Kesejahteraan Nelayan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 28 Desember 2023, 13:55 WIB
Anies Janji Buat Regulasi untuk Kesejahteraan Nelayan
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri diskusi Desak Anies di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (28/12)/Ist
rmol news logo Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri diskusi Desak Anies di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (28/12). Jika acara ini biasa digelar di kafe, Desak Anies di Banyuwangi diselenggarakan di tepi Pantai Belimbingsari.

"Ini Desak Anies yang pertama kali dikerjakan di ruang terbuka di tepi pantai, bersama masyarakat nelayan di Banyuwangi," ujar jagoan Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

Di hadapan para nelayan, Anies berjanji akan melibatkan masyarakat dalam menyusun kebijakan. Dia mengungkap, izin bagi nelayan kecil selama ini terlalu berbelit, berbeda dengan Omnibus Law untuk usaha besar.

"Apakah kebijakan sekarang membesarkan yang kecil? Tidak. Kebijakan penangkapan ikan terukur, kami tidak setuju," tegas Anies.

Capres yang diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berjanji akan membuat regulasi yang membuat nelayan tradisional bisa melaut dengan mendapatkan keuntungan yang cukup untuk hidup sejahtera.

"Di mana-mana setiap kali saya ke kampung nelayan selalu keluhannya solar. Padahal, 40-50 persen komponen biaya nelayan itu untuk solar. Kita sudah tahu nelayan membutuhkan solar," ungkap Anies.

"Insya Allah kita buat aturan yang memudahkan. Kita buat agar ada SPBN yang dekat dengan kampung nelayan. Prinsipnya akses BBM di laut, semudah BBM di daratan," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA