Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Stunting dan Miskin Ekstrem di Wilayah Penyangga IKN Membaik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 23 Desember 2023, 08:57 WIB
Stunting dan Miskin Ekstrem di Wilayah Penyangga IKN Membaik
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy/Net
rmol news logo Penanganan kasus stunting dan kemiskinan ekstrem di wilayah Ibukota Negara (IKN) Nusantara, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara berangsur membaik.

Kondisi tersebut dipantau langsung Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy usai mengunjungi Desa Giri Mukti, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis lalu (21/12).

Menurut laporan Kepala Desa Giri Mukti, Hendro Jatmiko Sormin, jumlah keluarga dengan kategori miskin ekstrem di desa tersebut ada 67 keluarga. Sementara jumlah balita dengan kondisi stunting tercatat ada enam orang dari total warga sebanyak 451 jiwa.

“Capaian yang diperoleh desa ini sudah baik. Saya berharap upaya Desa Giri Mukti dalam menekan angka stunting dan kemiskinan ekstrem dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/12).

Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), tingkat kemiskinan ekstrem Kabupaten Penajam Paser Utara sebesar 1,13 persen atau 11,80 ribu jiwa. Posisi kemiskinan ekstrem pada tahun 2022 sudah di bawah angka kemiskinan ekstrem Kalimantan Timur.

Sementara itu, prevalensi stunting di Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2022 sebesar 21,8 persen. Angka ini masih berada di atas prevalensi stunting nasional.

Namun demikian, prevalensi stunting di kabupaten penyangga IKN telah mengalami penurunan cukup signifikan, yakni sebesar 5,5 persen dari tahun 2021. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA