Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga: Universitas jadi Barometer Kemajuan dan Pencetak Generasi Unggul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 21 November 2023, 22:22 WIB
Airlangga: Universitas jadi Barometer Kemajuan dan Pencetak Generasi Unggul
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Ambisi mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di tahun 2045 membutuhkan kolaborasi kuat dari berbagai pihak, baik pemerintah masyarakat, maupun pelaku usaha.

“Target ini ambisius tapi realistis. Oleh karenanya, dibutuhkan smart execution dan strong collaboration dari berbagai pihak, termasuk cendekiawan dan universitas sebagai barometer bagi kemajuan ilmu pengetahuan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Universitas Indonesia, Jakarta, Selasa (21/11).

Untuk mencapai cita-cita tersebut, Indonesia memiliki 4 peluang yang perlu diambil. Pertama adalah populasi, di mana Indonesia diberkati dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia.

Dengan diimbangi dengan kualitas sumber daya yang baik, Airlangga yakin Indonesia akan mampu menghasilkan output perekonomian yang tinggi.

Peluang kedua adalah hilirisasi, yang saat ini telah dimulai dengan membangun ekosistem di sektor manufaktur maupun di sektor berbasis kendaraan listrik, dan hilirisasi mineral sebagai nilai tambah menuju industrialisasi.

Sebagai bagian dari ekosistem kendaraan listrik, hilirisasi merupakan komitmen ekonomi hijau Pemerintah dalam mewujudkan transformasi ekonomi.

Indonesia mempunyai potensi besar di sektor energi hijau yang bisa melebihi kapasitas 400 ribu megawatt, seperti potensi panas bumi, pembangkit listrik tenaga air, sungai, panel surya, dan potensi angin.

Ketiga adalah digitalisasi. Nilai ekonomi digital Indonesia tertinggi di kawasan ASEAN, yakni mencapai 77 miliar dolar AS pada tahun 2022 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 1 triliun dolar AS pada tahun 2030.

Terakhir adalah inovasi yang memiliki peran krusial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing bangsa.

Atas dasar itu, peningkatan kapasitas ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sangat penting. Perguruan Tinggi tentu akan menjadi bagian dalam mendidik generasi muda bangsa.

“Peluang tersebut menjadi modal yang baik bila dimanfaatkan secara optimal," tutup Ketua Umum Partai Golkar ini. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA